Thursday, November 2, 2023

BERSAMA HUJAN 32

 BERSAMA HUJAN  32

(Tien Kumalasari)

 

Luki terkejut mendengar reaksi ayahnya, namun karena ada Aisah maka dia tak memperlihatkannya. Luki menampakkan senyuman, walau terlihat kaku, lalu ia menutup ponselnya setelah berpamit pada ayahnya.

“Ayo kita pergi.”

“Mengapa belum-belum sudah bilang pada bapak kalau Mas akan mengajak aku ke rumah? Aku kan belum bilang sama orang tua aku.”

“Iya, nggak apa-apa. Harapanku akan diijinkan kok,” kata Luki sambil tersenyum.

“Kepedean deh.”

“Orang punya keinginan itu harus pede. Jangan seperti orang kalah sebelum perang. Yang penting semangat. Ya kan?”

Aisah tersenyum. Ia belum bisa membayangkan, bagaimana reaksi kedua orang tuanya saat tahu ketika tiba-tiba ada laki-laki yang ingin mengajaknya pergi.

Tapi kemudian Aisah ingat, bahwa ayah ibunya mengenal Luki. Memang sih, waktu itu mereka masih kanak-kanak, tapi setidaknya nama Luki sudah dikenalnya, dan mereka tahu bahwa Luki bukan anak nakal, bahkan katanya Luki anak yang pintar. Apakah dengan itu maka ayah ibunya akan dengan mudah mengijinkannya? Entahlah, Aisah tak ingin memikirkannya. Ia sedang menikmati kebersamaannya dengan Luki, teman masa kecilnya yang setelah dewasa, berani menyatakan cinta, dan itu dilakukannya dengan sangat romantis dan begitu manis.

Kalau Aisah tersenyum-senyum menikmati kebahagiaannya, tidak demikian dengan Luki yang sangat gelisah memikirkan reaksi sang ayah ketika mendengar dia ingin memperkenalkannya dengan Aisah. Bukankah sang ayah sudah mengenal Aisah? Gadis kecil dengan rambut sebahu yang selalu dikucir bak ekor kuda, dan menjawab dengan kemayu saat ditanya.

Ini pasti gara-gara keinginannya bermenantukan Andin sudah jelas tidak akan terlaksana. Padahal sang ayah mengenal Andin hanya dari foto yang ditunjukkan oleh pak Harsono. Memang sih, Andin tidak mengecewakan. Lepas dari keadaannya yang ternoda, yang sebenarnya tidak diketahuinya, Andin adalah gadis cantik yang bersikap sangat baik. Dia juga tekun dalam menjalani kuliahnya, dan bersemangat untuk berhasil, seperti harapan orang tuanya. Tapi dalam hidup berumah tangga harus ada satu kata yang digenggam, yaitu cinta. Dan keduanya tidak saling memiliki rasa itu. Mengapa ayahnya tidak juga mau mengerti?

“Mas, kok dari tadi diam?” tegur Aisah yang heran melihat sikap Luki yang berbeda. Yang biasanya suka bercanda, kali ini banyak diamnya. Ia hanya menjawab saat ditanya.

“Eh … apa?” jawab Luki agak gugup.

“Kenapa Mas kelihatan aneh? Seperti gelisah, begitu?”

“Ya ampun, benarkah aku kelihatan gelisah? Kamu tahu Ais, sebenarnya aku memikirkan bagaimana nanti sikap kedua orang tua kamu ketika aku meminta kamu agar ikut bersama aku.”

“Oh, itu. Kenapa dipikirkan sekarang? Biarkan apa yang terjadi nanti, sekarang lebih baik menikmati dan merayakan hari baik ini.”

“Hm … iya sih.”

“Baru saja Mas mengatakan bahwa punya keinginan itu harus pede. Jangan kalah sebelum perang. Kenapa sekarang jadi berubah?”

Luki tertawa pelan. Ia menyadari bahwa mengatakan tak mudah menjalaninya.

“Iya.”

“Bagaimana kalau kita makan dulu? Perutku lapar nih.”

“Baiklah kalau begitu, kita cari warung di depan itu ya.”

“Ya, aku juga mau menelpon ibu, mengatakan bahwa aku lulus, mereka pasti menunggu, dan aku lupa mengabarinya.”

***

Pak Harsono pulang agak siang, karena di hari Sabtu itu tak banyak pekerjaan yang harus di selesaikannya. Ia baru saja selesai membersihkan diri dan berganti pakaian, ketika tiba-tiba ponselnya berdering. Pak Harsono mengangkatnya, dan berdebar karena yang menelpon adalah pak Istijab. Pasti masalah perjodohan itu lagi. Tapi pak Harsono harus mengangkatnya. Ia merasa, sebaiknya segera mengatakan saja dengan terus terang mengenai anaknya, yang walau belum secara resmi tapi telah dipinang oleh seseorang. Pinangan dokter Faris itu lebih menenangkannya, karena dokter Faris sudah mengetahui keadaan Andin yang sebenarnya. Kemarin-kemarin dia hanya masih ragu-ragu berterus terang kepada sahabatnya itu.

“Har, kamu ada di situ?” kata pak Tijab karena walau sudah membuka ponselnya tapi pak Harsono tidak segera menyapanya.

“Oh, eh … iya Mas, maaf, saya baru datang dari kantor, dan ini sambil berganti pakaian,” jawab pak Harsono asal.

“Baiklah. Sebenarnya aku ingin bertanya tentang anak kamu. Dan sebenarnya juga, aku agak kesal sama kamu,” kata pak Tijab yang langsung menyatakan kekesalan hatinya.

“Memangnya kenapa Mas?” pak Harsono pura-pura tidak tahu.

“Kamu merasa telah mempermainkan aku apa tidak sih?”

“Mempermainkan bagaimana Mas?”

“Kalau aku bicara tentang Andin, jawabmu hanya Andin masih ingin kuliah, Andin belum bisa diajak bicara, dan ini … dan itu … pokoknya kamu banyak memberi alasan supaya aku berhenti ngomong. Tapi pada kenyataannya, anakmu itu sudah punya pacar. Ya kan?”

Pak Harsono terkejut. Darimana sahabatnya ini bisa tahu kalau Andin sudah punya pacar? Sebenarnya sih bukan pacar, justru lebih dari itu karena dokter Faris sudah mengatakan ingin menjaga Andin dan membahagiakannya. Tapi bahwa hubungan itu ada, pastinya pak Harsono sudah memahaminya. Mungkin Andin masih takut mengatakannya, atau ragu-ragu karena dia belum menyelesaikan kuliahnya, entahlah.

“Har, kamu masih di situ?”

“Iya Mas, iya.”

“Kenapa tidak menjawab kata-kataku tadi?”

“Maaf Mas, sebenarnya begini. Bahwa Andin masih ingin menyelesaikan kuliahnya, itu benar. Tapi tentang Andin sudah punya pacar, tidak sepenuhnya benar.”

“Tidak sepenuhnya benar itu bagaimana? Setengah salah, setengah benar?” kata pak Istijab dengan nada tinggi.

“Begini. Ada seseorang yang ingin menjadikan Andin istrinya.”

“Mengapa kamu tidak pernah mengatakannya, sementara aku terus berharap? Bukankah itu namanya mempermainkan aku?”

Pak Harsono bingung menjawabnya, lalu daripada sahabatnya semakin marah, maka pak Harsono kemudian mengatakan apa yang sebenarnya terjadi pada Andin, sehingga ia merasa rendah diri, dan bingung menerima lamaran. Pokoknya semuanya dikatakan. Apa boleh buat. Memang itu adalah aib keluarganya, tapi pak Istijab adalah sahabatnya, dan ia yakin sang sahabat akan bisa mengerti mengapa dia seperti berbelit-belit.

Dan ternyata pak Istijab mendengarkan dengan penuh rasa iba. Iba karena ternyata Andin pernah mengalami kejadian yang sangat mengerikan dan membuatnya cacat batin seumur hidup.

“Astaghfirullah, jadi begitu kejadiannya?”

“Iya Mas, tapi aku mohon, hanya Mas saja yang mengetahui kejadian ini, agar Andin tidak terluka karena rahasianya tersebar.”

“Iya, aku bisa mengerti. Tapi bagaimana dokter itu kemudian bisa menerima anakmu?”

“Dia mengetahui keadaan Andin, bahkan menolongnya ketika Andin keguguran. Itu sebabnya saya menerima lamarannya, walaupun belum secara resmi. Dengan apa yang saya katakan ini, saya harap Mas bisa mengerti, mengapa aku seperti berbelit-belit saat mas berbicara soal perjodohan ini.”

“Baiklah, sekarang aku juga ingin berterus terang, bahwa sebenarnya Luki juga tidak setuju adanya perjodohan ini. Akulah yang memaksa, mengingat persahabatan kita. Tapi, yah … ternyata orang hidup itu hanya bisa berharap, dan yang terjadi hanyalah apa yang dikendaki oleh Yang Maha Kuasa.”

“Benar Mas. Saya bersyukur Mas bisa mengerti. Saya berharap, anak-anak kita bisa menemukan kebahagiaan dalam hidupnya.”

“Aamiin. Itu harapan kita semua. Tapi aku juga minta maaf ya Har, tadi tiba-tiba aku marah-marah sama kamu. Kamu kan tahu, bahwa aku ini memang agak kasar, gampang sekali marah.”

“Tidak apa-apa Mas, kita sudah berteman sejak lama, aku sudah tahu, Mas Tijab itu bagaimana. Tapi meskipun gampang marah, Mas Tijab juga gampang luluh untuk melupakan semua yang membuatnya marah.”

Ketika menutup ponselnya, pak Harsono bisa bernapas dengan sangat lega. Kiranya semua permasalahan, sedikit demi sedikit bisa terurai dengan sangat baik tanpa ada yang terluka.

***

 Ketika Andin pulang, pak Harsono sudah duduk di ruang tengah sambil menikmati acara televisi. Wajahnya tampak tenang, dan itu membuat Andin senang. Karena sejauh ini Andin melihat wajah ayahnya tak pernah cerah, seperti ada beban yang mengganjal. Tapi ketika ditanya, sang ayah hanya bilang ‘tak apa-apa’.

“Bapak kok sudah pulang?”

“Iya, ini kan hari Sabtu, jadi bapak bisa pulang setengah hari. Kamu juga sudah pulang?”

“Iya, sudah tidak ada kelas. Bapak sudah makan? Aduh, Andin baru mau masak, tadi mampir belanja di pasar.”

“Jangan repot memasak, bapak sudah beli makanan. Sate lontong kesukaan kamu.”

Wajah Andin berseri. Ia meletakkan belanjaan ke dapur, sambil melongok ke meja makan, dimana sang ayah sudah meletakkan sate lontong yang dibelinya.

“Kenapa tidak segera dimakan sate lontongnya, Pak?”

“Bapak nunggu kamu. Lebih enak makan bersama-sama, tidak sendirian.”

“Baiklah, Andin ganti baju dulu ya.”

Pak Harsono berdiri lalu beranjak ke ruang makan. Ia sudah menyiapkan piring-piring, kalau nanti sewaktu-waktu Andin datang tidak usah repot-repot menyiapkannya.

Ketika Andin datang, pak Harsono sedang menuangkan air putih ke dalam gelas-gelas, untuk dirinya sendiri dan untuk Andin.

“Mengapa tidak menunggu Andin.”

“Memangnya kenapa, bapak kan tidak harus selalu dilayani. Ada kalanya bapak juga ingin menyiapkan sesuatu untuk anak bapak yang cantik ini.”

“Bapak selalu begitu.” Andin tersenyum, lalu duduk di hadapan ayahnya.

Mereka makan siang dengan nikmat.

“Tadi mas Tijab menelpon.”

Senyum Andin tiba-tiba menghilang.

“Tapi dia tidak lagi mendesak soal perjodohan kamu dan Luki.”

Wajah Andin kembali cerah.

“Benarkah?”

“Luki juga tidak menyukai perjodohan ini,” kata pak Harsono yang tak ingin mengatakan bahwa dia sudah mengatakan semuanya kepada sahabatnya.

Andin tersenyum.

“Mas Luki menyukai Aisah.”

“Benarkah?”

“Mereka kan teman masa kecil. Ketika bertemu dan sudah dewasa, ternyata mereka saling menyukai. Andin senang sekali. Mereka orang-orang baik.”

“Syukurlah, bapak juga senang.”

Mereka senang, perjodohan yang tak diinginkan telah terurai. Tiba-tiba Andin teringat dokter Faris yang sudah terang-terangan mengatakan rasa sukanya pada sang ayah. Tapi sejauh ini sang ayah belum mengatakan apapun.

“Andin. Apakah kuliah kamu masih akan lama?” tiba-tiba kata ayahnya.

“Andin akan berusaha agar tahun depan bisa selesai.”

“Syukurlah. Kalau ada biaya yang harus dibayar, katakan saja pada bapak. Bapak sudah menyiapkan semuanya.”

“Andin juga punya tabungan. Nanti kalau kurang, Andin akan bilang pada Bapak.”

“Sebenarnya uang kamu itu bisa untuk membeli semua keperluan kamu yang lain, soalnya masalah biaya kuliah, bapak sudah menyiapkannya.”

“Tidak apa-apa. Bukankah niat Andin untuk bekerja itu memang untuk mengurangi beban Bapak? Jadi biarkan Andin membantu Bapak.”

Pak Harsono menatap anak gadisnya dengan rasa terharu.

“Setelah lulus, kamu akan menikah.”

Andin mengangkat wajahnya.

“Bukankah kamu sudah mengerti bahwa dokter Faris sudah bicara sama bapak tentang keinginannya meminang kamu?”

Andin tertunduk tersipu. Baru kali ini sang ayah bicara tentang hubungan Andin dengan seseorang, yang tampaknya tidak akan ditentangnya.

“Bukankah kamu juga menyukainya?”

“Sebenarnya Andin takut mengecewakan.”

“Berkali-kali dia mengatakan bersedia menjagamu dengan segala kelebihan dan kekurangan kamu. Aku kira dia laki-laki baik yang akan menepati janjinya.”

“Semoga saja Pak.”

“Janganlah sebuah sandungan membuat kamu berhenti melangkah. Nanti, ketika bapak sudah dipanggil, bapak harus mengerti bahwa kamu hidup bahagia, disamping orang yang bisa menjaga dan mencintai kamu. Bapak percaya, dokter Faris akan melakukannya.”

“Bapak jangan bicara tentang sesuatu yang membuat Andin sedih. Bapak akan selalu bersama Andin.”

“Masa begitu sih? Kalau kamu sudah menjadi istri seseorang, pastilah kamu akan dibawa oleh dia.”

“Andin akan minta agar Bapak selalu berada di dekat Andin. Kalau dia tidak mau, Andin juga tidak mau dinikahi.”

Pak Harsono tertawa lirih.

“Kamu seperti anak kecil saja.”

Mereka melanjutkan makan dengan nikmat, bukan hanya di lidah, tapi juga nyaman di dalam hati.

***

Hari sudah sore ketika Luki mengantarkan Aisah ke rumahnya. Ia bersiap untuk mengatakan kepada kedua orang tua Aisah tentang hubungan mereka, dan kalau boleh akan mengajak Aisah menemui ayahnya. Tapi sebenarnya Luki masih ragu tentang keinginannya yang terakhir ini. Kalau ia sudah datang bersama Aisah, dan sang ayah menolak, pasti Aisah akan terluka, dan hubungan mereka entah akan bagaimana, dan itu membuat Luki ketakutan. Karenanya ia hanya akan bersilaturahmi dulu dengan kedua orang tua Aisah.

“Ayo Mas, kenapa berdiri saja di situ? Grogi ya?” ejek Aisah yang lebih dulu masuk ke dalam, sementara Luki masih berdiri di depan teras.

Tapi tiba-tiba ponsel Luki berdering. Aduh, dari ayahnya lagi. Mau bicara apa lagi sang ayah ini, sementara tadi sudah bersikap seolah menolak keinginannya.

“Assalamu’alaikum, Pak.”

“Wa’alaikumussalam. Kamu di mana?”

“Luki sedang … di jalan Pak,” katanya bohong.

“Kapan kamu akan mengajak Aisah menemui bapak?”

Luki ingin berteriak karena gembira, ini sebuah sapa dari ayahnya  yang membuatnya lega.

***

Besok lagi ya.

 

60 comments:

  1. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. 🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷

      𝘈𝘭𝘩𝘢𝘮𝘥𝘶𝘭𝘪𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘉𝘦𝘏𝘢_32 𝘴𝘥𝘩 𝘩𝘢𝘥𝘪𝘳. ...
      𝘞𝘢𝘭𝘢𝘶 𝘢𝘨𝘢𝘬 𝘵𝘦𝘳𝘭𝘢𝘮𝘣𝘢𝘵,
      𝘙𝘢𝘱𝘰𝘱𝘰.... 𝘚𝘪𝘯𝘨 𝘱𝘦𝘯𝘵𝘪𝘯𝘨 𝘉𝘶 𝘛𝘪𝘦𝘯 𝘴𝘦𝘩𝘢𝘵, 𝘫𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘤𝘢𝘱𝘦𝘬 𝘺𝘢 𝘉𝘶 𝘛𝘪𝘦𝘯, 𝘴𝘦𝘮𝘰𝘨𝘢 𝘣𝘦𝘴𝘰𝘬 𝘩𝘢𝘴𝘪𝘭 '𝘤𝘵𝘴𝘤𝘢𝘯 𝘫𝘢𝘯𝘵𝘶𝘯𝘨𝘯𝘺𝘢' 𝘣𝘢𝘨𝘶𝘴 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘥𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘦𝘤𝘦𝘸𝘢𝘬𝘢𝘯.
      𝘚𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘈𝘋𝘜𝘏𝘈𝘐.... 𝘵𝘦𝘵𝘢𝘱 𝘴𝘦𝘮𝘢𝘯𝘨𝘢𝘵, 𝘸𝘶𝘴 𝘨𝘦𝘬 𝘯𝘥𝘢𝘯𝘨 𝘪𝘴𝘵𝘪𝘳𝘢𝘩𝘢𝘵.....

      🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷🌿🌷

      Delete
    3. Matur nuwun Mbak Tien sayang. Beha 32 sudah tayang. Semoga Mbak Tien selalu sehat. Amin.

      Delete
    4. Alhamdulillah.....tetep semangat sehat mbk Tien

      Delete
  2. Maturnuwun sanget Bu Tien...
    🙏🙏

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah BERSAMA HUJAN~32 sudah hadir, terimakasih bu Tien, semoga tetap sehat dan bahagia senantiasa bersama keluarga.
    ‌Aamiin yra..🤲

    ReplyDelete
  4. Makasih bu Tien, semoga sehat dan bahagia selalu.

    ReplyDelete
  5. Matur suwun ibu Tien ,
    Salam selalu sehat dan tetap Aduhaaiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prihatin mendengar jeng jatuh lagi.
      Sekarang bagaimana? Semoga wis sehat ya jeng

      Delete
    2. Makasih bu Tien bersama hujan sdh tayang.semoga bu Tien sehat selalu dan terus berkarya

      Delete
  6. Alhamdulillah
    Matur sembah nuwun mbak Tien
    Sehat selalu..🙏

    ReplyDelete
  7. Matur nuwun mbak Tien-ku Bersama Hujan tayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah hampir selesai dua pasang, Andin - Faris, Aisyah - Luki. Tinggal menunggu Romi, bagaimana Elisa dan juga Kinanti.
      Salam sukses mbak Tien yang ADUHAI, semoga selalu sehat, aamiin.

      Delete
  8. Alhamdulillah ,terimakasih bunda Tien
    Semoga bunda Ten selalu sehat aamiin

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah yg di tunggu2 dah tayang, nuwun bu Tien salam sehat dari mBantul

    ReplyDelete
  10. Yang d tunggu tunggu muncul juga makasih bunda

    ReplyDelete
  11. 𝘔𝘰𝘯𝘨𝘨𝘰 𝘯𝘥𝘢𝘯𝘨 𝘥𝘪𝘢𝘨𝘦𝘮 𝘢𝘴𝘰 𝘴𝘢𝘭𝘪𝘳𝘢 𝘴𝘶𝘱𝘢𝘺𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘬 𝘦𝘴𝘶𝘬 '𝘧𝘳𝘦𝘴𝘩' 𝘮𝘦𝘯𝘶𝘫𝘶 𝘙𝘚 𝘪𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘤𝘵𝘴𝘤𝘴𝘯 𝘫𝘢𝘯𝘵𝘶𝘯𝘨.....
    𝘚𝘺𝘢𝘧𝘢𝘬𝘪𝘭𝘭𝘢𝘩....

    ReplyDelete

  12. Alhamdullilah
    Bersama Hujan 32 telah hadir
    Matur nuwun bu Tien
    Semoga sehat selalu dan bahagia bersama keluarga

    ReplyDelete
  13. alhamdulillah
    maturnuwun bunda
    salam sehat selalu

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah.
    Matur nuwun Bunda Tien.
    Mugi2 panjenengan tansah pinaringan sehat wal afiat, saget paring lelipur dumateng para sutrisna cerbung.
    Aamiin yaa rabbal alamiin 🤲

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah... sempet cemas tadi koq blm tayang.. matur nuwun bu Tien. Salam sehat njih buuu

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah, matur nuwun. Semoga bunda Tien selalu sehat wal'afiat dan bahagia bersama keluarga . .

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah....yg ditunggu BERSAMA HUJAN dah tayang...matur nuwun Bu Tien, semoga sehat selalu

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah.tks bu.sehat2 slalu bu tien

    ReplyDelete
  19. Alhamdl yg ditunggu2 tayang jg matur nuwun bunda, salam sehat

    ReplyDelete
  20. Aduhai....bahagianya Luki.
    Penasaran dng Romi & Elisa.
    Mtr nwn Bu Tien, sehat sll.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulilah BH episode 32 sdh tayang Terima kasih bu Tien , smg bu tien selalu sehat dan bahagia serta hasil pemeriksaan semua dalam batas normal aamiin yra.... salam hangat dan aduhai bundaku sayang.

    Lega dan plong hatinya pak istijab dan pak harsono... semua sdh dpt menerima ..

    .

    ReplyDelete
  22. Alhamdulilah, sampun tayang episode 32 matur nuwun mbakyu Tienkumalasari, smoga hasil konsultasi ke dokter hari ini baik ya, salam sehat dan tetep semangat, wassalam dari Tanggamus, Lampung

    ReplyDelete
  23. 🦋💐🦋💐🦋💐🦋💐
    Alhamdulillah "BeHa" 32
    yang bikin penasaran
    sudah tayang.
    Matur nuwun Bu Tien.
    Tetap sehat & smangats
    slalu. Salam aduhai 😍🌹
    🦋💐🦋💐🦋💐🦋💐

    ReplyDelete
  24. Langsung
    Teriak, hey ada apa senang banget kayanya.
    Ais sudah diberi calon sama ortunya, yaudah; ambyar, hayuh gimana tuh.
    Makan-makan bersama bibit unggul pilihan ortu sambil pesta kelulusan Ais.
    Waduh reportnya susah susah di kenalin malah nggak respect yang di pestain.
    Masih aja Romi mencari cintanya, terus mau menyandera Andin?!
    Sok jago muka pating prempul masih ngèyèl, Rosi kan sudah terucap satu nama; Kinan, yang tahu posisinya berada diduga Ais, karena dia yang menceritakan betapa Kinan diusir bapak angkatnya; memalukan alasannya.
    Home less, akankah Romi sanggup menemukan Kinan?!
    ADUHAI

    Terimakasih Bu Tien
    Bersama hujan yang ke tiga puluh dua sudah tayang
    Sehat sehat ya Bu
    Sedjahtera dan bahagia bersama keluarga tercinta
    🙏

    ReplyDelete
  25. Terima kasih bunda...
    Semoga bunda Tien sehat selalu dan tetap senangat

    ReplyDelete
  26. Kali ini Romi tanpa cerita
    Luki yg tadinya msh berdebar hatinya bgmn andaikata bpknya tak merestui jika Luki mengajak Aisah utk di perkenalkan dgn org tuanya

    Sementara pak Istijab sndri juga tlp pak Harsono dgn perasaan yg udah membara
    Untung pak Harsono juga menghadapi dgn tenang sehingga dgn pernyataan pak Istijab ttg Luki yg gak setujuh dgn mslh perjodohan itu
    Pecahlah sudah permasalahan yg selama ini jd beban masing2 antara pak Istijab juga pak Harsono

    Alhamdulillah jalan udah mulai terbuka di masing2 mereka berdua

    Andin yg akhirnya akan berdampingan dgn Dokter Faris
    Luki yg akan merajut cintanya bersama Aisah

    Dgn tiba2 pak Istijab tlp Luki dan di jawab sekenanya

    Akan tetapi betapa terkejutnya Luki mendengar bpknya menanyakan kpn kamu mengajak Aisah utk ketemu bapak

    Wow betapa girangnya Luki mengetahui hal tersebut

    Yuuk boleh deh penisirin bingitzs
    Tunggu besok lagi ya

    Mksh bunda Tien sehat selalu doaku
    Ttp semangat dan
    ADUHAI ADUHAI ADUHAI

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah Bersama Hujan -32 sdh hadir
    Terima kasih Bunda Tien, semoga Bunda sehat dan bahagia selalu.
    Aamiin

    ReplyDelete
  28. Hamdallah.. Bersama Hujan 32 telah tayang. Matur nuwun Bu Tien, semoga Ibu tetap Semangat, tetap Sehat wal Afiat bersama Keluarga di Sala. Aamiin

    Tentang Andin sdh pak Harsono ceritakan ke pak Tijab...akhirnya pak Tijab memaklumi.

    Sekarang bukan jaman nya lagi orang tua memaksakan kehendak ke anak.

    Bahwa Luki mencintai Aisah, maka sekali lagi pak Tijab harus maklum, klu sekarang jaman nya 'Kebo Nusu Gudel'...jadi harus merestui kemauan anak nya tsb 😁

    Salam hangat nan Aduhai dari Jakarta

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillahi rabbil'alamiin
    Terima kasih bu tien
    Semoga bu tien sehat2 n selalu dlm lindungan n bimbingan Allah SWT .... aamiin yra

    ReplyDelete
  30. Terimakasih bunda Tien, salam sehat selalu dan aduhai....

    ReplyDelete
  31. Matur nuwun Bu Tien, semoga tetap aehat njih Bu....

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah matursuwun Bu Tien
    Salam sehat dan bahagia selalu

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah ... *Bersama Hujan* sudah tayang.
    Syukron nggih Mbak Tien 🌹🌹🌹🌹🌹

    ReplyDelete
  34. Alhamdulillah Maturnuwun Bunda.semoga besok dan seterusnya tetap sehat wal afiat dan pinaringan lancar di R S serta hasil test kesehatan yang baik + bagus 👍.Aamiin 🙏

    ReplyDelete
  35. 🌹🌹🌸akhirnya bunga2 bermekaran bersama hujan karena doa restu orangtua..bagaimana romi kinanti.sabar menunggu be hu selanjutnya Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
  36. Mudah mudahan bisa komen lagi
    Andin sama Faris Aisyah sama Luki,,,,Romi gmn akhirnya

    ReplyDelete
  37. Semoga Elisa melahirkan anaknya bule,,,jadi Romi gak perlu tes DNA

    ReplyDelete
  38. Manusia boleh merencanakan, tapi Allah yg menentukan. Demikian kian menurut cerita ini.
    Sungguh suatu ketetbukaan di perlukan untuk menjalin persahabatan, spt keluarga Andin dan keluarga Luki.
    Salam sehat untuk ibu Tien,
    🙏 semoga Ibu Tien cepat sembuh dan sehat selalu.
    🌹🌻

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah
    Matur nuwun bu Tien 😍

    Damaaaai n lega
    Salam aduhaiii bu Tien , tambah sehat wal'afiat ya

    ReplyDelete
  40. Terima kasih, ibu Tien...semoga hasil cek kesehatan bagus semuanya...dinantikan terus kelanjutan karyanya. Salam sehat.🙏🙏🙏😘😘😀

    ReplyDelete
  41. Wah, sudah lega ya Luki... mulai direstui ayahnya...hubungan dengan Aisah...😀

    ReplyDelete

M E L A T I 45

  M E L A T I    45 (Tien Kumalasari)   Melati merasa gelisah. Dia tahu, Nurin bersikap baik kepadanya, tapi ia mengkhawatirkan sikap ibunya...