Saturday, October 28, 2023

BERSAMA HUJAN 28

 BERSAMA HUJAN  28

(Tien Kumalasari)

 

 

Bayangan yang datang itu semakin dekat, dan Andin terkejut ketika tiba-tiba tamu tak diundang itu berlutut di tanah, tepat di depan tangga teras, dimana Andin masih berdiri kaku disana.

“Andin, maafkanlah aku,” rintihnya pelan sambil merangkapkan kedua tangannya di depan dada.

Laki-laki, sang tamu adalah Romi, orang yang sangat dibenci Andin, dan tak ingin dilihat selamanya. Sekarang laki-laki itu sedang berlutut di hadapannya, dan memohon maafnya. Benar apa yang dikatakan Aisah, bahwa Romi telah menyesali perbuatannya, dengan cara yang sangat memilukan. Tapi Andin bergeming di tempatnya. Ia juga tak kuasa menggerakkan tubuhnya, walau hanya untuk memintanya agar berdiri.

Kilat tiba-tiba menyambar, dan guntur bertalu menggetarkan. Langit semakin gelap, dan gerimis mulai berjatuhan. Andin melihat Romi tak bergerak. Mau tak mau dia membuka mulutnya yang terasa berat.

“Pergilah,” hanya sepatah kata yang diucapkan Andin.

“Andin, maafkanlah aku,” rintihnya lagi.

“Aku maafkan, lalu pergilah.”

“Andin, aku ingin bertanggung jawab.”

Perkataan itu mengejutkan Andini. Bertanggung jawab apa maksud laki-laki itu, sedangkan ia tak peduli rintik hujan semakin membasahi bajunya.

“Pergilah. Hujan semakin deras.”

“Aku akan menjadikan kamu istriku,” ucapannya tegas, bersamaan dengan guntur yang menggelegar.

“Jangan mimpi. Pergilah.”

“Demi dosaku sama kamu, jadilah istri aku, Andin,” suara Romi hampir tak terdengar, karena hujan semakin deras mengguyur.

“Ijinkan aku menebus dosaku dengan menikahi kamu.”

“Pergilah, hujan sudah sangat deras.”

“Andin, aku tak akan pergi sebelum kamu bersedia menerima lamaran aku.”

Gelegar guntur kembali terdengar. Andin membalikkan tubuhnya dan masuk ke dalam rumah, lalu menutup pintunya dengan keras.

Dari dalam rumah Andin melongok keluar, dan melihat Romi bergeming ditengah guyuran hujan. Andin duduk di sebuah kursi. Ia terus memikirkan ayahnya yang belum juga sampai di rumah. Andin mencoba menelponnya lagi, tapi sampai beberapa saatnya tak juga panggilan itu diangkat.

Andin menelpon ke kantor, tapi tak ada jawaban dari sana. Pasti kantornya telah tutup. Lalu di mana ayahnya? Apakah masih menunggu hujan dan tak mendengar panggilannya?

“Ya Allah, lindungilah ayah hamba,” desisnya pelan.

Andin merasa cemas. Gelegar guntur bersahutan diantara derasnya hujan. Dia berdiri dan bermaksud menunggu ayahnya di teras, tapi ia terkejut melihat sosok Romi yang masih berlutut di depan tangga teras, tak peduli hujan terus mengguyurnya. Andin kebingungan. Rasa kemanusiaannya tersentuh. Mana mungkin Ia membiarkan orang tetap berada di bawah hujan tanpa mengacuhkannya. Perlahan ia membuka pintu, hujan sudah agak mereda, tapi belum bisa dikatakan berhenti. Ketika itu tiba-tiba Andin melihat sepeda motor ayahnya masuk ke halaman. Dilihatnya sang ayah memakai mantel hujan. Andin mengurungkan niatnya keluar, bahkan menutup kembali pintunya. Ia melongok di balik kaca jendela dengan cemas, melihat ayahnya datang di tengah hujan.

Pak Harsono berhenti, dan melangkah menuju teras, tapi dia heran melihat laki-laki basah kuyup yang diam saja terguyur hujan.

“Siapa kamu? Mengapa ada di sini?” tanya pak Harsono yang sudah berdiri di tangga, dan menatap heran Romi yang bergeming dilanda hujan.

“Saya Romi,” gemetar suara itu terdengar.

"Romi ... keparat itu?" Pekiknya geram.

Pak Harsono tak bisa melupakan nama itu. Nama yang disimpannya sebagai duri dalam hidupnya dan tak pernah dikatakannya kepada sang anak. Dan sekarang laki-laki itu berlutut di depan rumahnya. Apa maksudnya?

“Saya mohon maaf, telah melukai Andin,” masih bergetar suara itu, atau tepatnya menggigil.

“Kamu laki-laki bangsat itu?”

“Ijinkan saya … menebus dosa saya … dengan … menikahi Andin.”

Bukannya luluh dan jatuh rasa kasihan pak Harsono ketika melihat keadaan Romi, justru kemarahannya memuncak. Ia turun selangkah dari atas tangga, dan sebelah kakinya menendang tubuh Romi yang gemetaran.

Romi terjengkang, tanpa mampu mengaduh. Tak cukup hanya itu, ia turun ke bawah dan melanjutkan tendangannya. Romi meringkuk di tanah, dan pak Harsono terus menendangnya bertubi-tubi. Hujan masih mengguyur, dan pak Harsono sudah melepas jas hujannya. Karenanya diapun basah kuyup. Tapi ia tak berhenti menendang tubuh Romi yang sudah tak berdaya, diam tak bergerak.

Andin sangat terkejut, ia keluar dan berteriak.

“Bapak, sudah Pak!!”

Pak Harsono tak mau berhenti. Ia terus menendang tubuh tak berdaya itu, sehingga kemudian Andin nekat menghampiri ayahnya dan menariknya ke dalam rumah.

“Kenapa Bapak nekat, lihat … basah kuyup begini.”

“Lepaskan aku, biar aku bunuh bangsat itu.”

Andin terkejut. Apa ayahnya tahu tentang apa yang terjadi? Apa Romi sempat mengatakan apa yang pernah dilakukannya sehingga ayahnya mengamuk?

Tak sempat berpikir lama, Andin membawa ayahnya ke kamar dan memintanya berganti baju. Andin sangat khawatir melihat keadaan ayahnya yang dingin bagai es. Setelah ayahnya berganti pakaian, Andin masih kebingungan karena ia melihat Romi masih tergeletak di tanah. Bagaimana kalau Romi meninggal? Andin ketakutan, karena ayahnya akan dituduh membunuh.

Tanpa peduli pada bajunya sendiri yang basah kuyup, Andin meraih ponselnya. Hanya satu yang harus dihubunginya, yaitu dokter Faris, yang langsung meluncur ke rumah Andin.

Begitu mobil memasuki halaman, ia terkejut melihat sesosok laki-laki meringuk diam di tanah. Ia turun dan mendengar Andin berteriak.

“Dokter, tolong bawa dia ke rumah sakit.”

Dokter Faris memegang tangan laki-laki itu, yang terasa sangat dingin, tapi nadinya masih berdenyut. Naluri dokternya menyuruhnya bekerja tanpa banyak bertanya. Ia segera mengangkat tubuh itu, lalu melarikan mobilnya ke rumah sakit.

***

Pak Harsono berbaring di ranjang. Andin sudah menggosok seluruh tubuhnya dengan minyak hangat, dan juga memberinya minum teh hangat. Lalu menyelimuti tubuhnya dari kaki sampai ke dada.

“Siapa … tadi,” tanyanya pelan.

“Dia … Romi,” jawab Andin dengan ragu.

“Bukan keparat itu, mobil itu,” kata pak Harsono lagi. Ternyata bukan Romi yang dimaksud, tapi suara mobil yang datang, kemudian pergi.

“Itu mobil dokter Faris. Andin menelponnya, lalu dia membawanya ke rumah sakit.”

“Mengapa kamu mengabari dokter Faris? Biarkan dia mati, aku ingin membunuhnya. Berbulan aku menahan kemarahan ini.”

Andin terkejut. Jadi ayahnya sudah tahu apa yang dilakukan Romi? Apakah Aisah mengatakannya? Atau dokter Faris? Mengapa ayahnya tak pernah bicara, kalau memang dia mengetahui semuanya?

Andin masih duduk di samping ayahnya, mengelus tangannya dengan lembut. Andin merasa lega, tangan ayahnya sudah terasa hangat.

“Mengapa Bapak ingin membunuhnya? Nanti akan jadi perkara yang berat,” kata Andin hati-hati.

“Siapa peduli?”

“Bapak, apakah yang bapak ketahui tentang Romi?”

“Kamu pikir bapakmu ini bodoh? Ketika kamu dirawat, kamu keguguran setelah dihamili bangsat itu.”

Mata Andin terbelalak. Bibirnya gemetar, tapi tak sepatah katapun mampu diucapkannya.

“Bapak menyimpannya hanya untuk menjaga perasaan kamu. Bapak tahu kamu menyimpan juga rahasia ini untuk menjaga perasaan ayahmu ini, bukan?”

Andin masih terdiam.

“Bapak tahu kamu sangat menderita, tapi menyembunyikannya dari ayahmu, supaya ayahmu yang tua ini tidak bersedih, tidak marah dan tidak terluka,” kali ini suara pak Harsono bergetar, seakan menahan tangis.

Andin memeluknya, jatuh di dada ayahnya, dan terisak di sana.

“Maafkan Andin, Pak,”  isaknya.

“Kamu kehilangan masa depan kamu gara-gara dia. Apa tidak pantas kalau ayahmu membunuhnya?”

“Manusia tidak berhak menentukan mati dan hidup atas dirinya ataupun diri orang lain, bukan? Kalau Bapak melakukannya, Bapak bukan hanya terlibat dalam sebuah pembunuhan dan hukumannya hanyalah penjara, tapi Bapak juga berdosa karena mengakhiri hidup yang sebenarnya bukan hak manusia untuk menentukannya.”

Tiba-tiba ponsel berdering, milik Andin, yang masih tertinggal diluar kamar. Andin bergegas menghampiri dan mengangkatnya dengan hati berdebar. Matikah Romi?

“Ya, Dokter,” sapa Andin setelah mengangkatnya.

“Apa yang terjadi?”

“Apakah dia selamat?” Andin justru menanyakan keselamatannya.

“Sedang ditangani. Dia Romi kan?”

“Ya.” jawab Andin yang sedikit merasa lega. Jawaban dokter Faris menunjukkan bahwa Romi selamat.

“Mengapa dia ada di sana dan dalam keadaan seperti itu? Terlambat sedikit saja dia pasti meninggal."

Andin merinding mendengarnya.

“Tolonglah dia, selamatkan dia.”

“Kamu sangat menghawatirkannya?” tiba-tiba rasa cemburu memenuhi benaknya.

“Kalau dia meninggal, bapak bakal dihukum karena pembunuhan.”

“Apa? Jadi bapak menghajar dia?”

Lalu Andin menceritakan semua yang terjadi kepada dokter Faris, yang membuat dokter Faris juga mengkhawatirkan keadaan pak Harsono.

“Bagaimana keadaan bapak sekarang?”

"Sudah lebih baik. Tadi kedinginan, saya sangat khawatir."

"Setelah keadaan Romi stabil, aku akan melihat keadaan Bapak.”

“Kelihatannya sudah baikan.”

“Kamu keberatan kalau aku datang ke rumah?”

“Tidak, bukan begitu, mm … baiklah … “ kata Andin pada akhirnya.

Dokter Faris tersenyum di seberang sana. Sejauh ini dia belum pernah mendengar jawaban Andin tentang pernyataan cintanya, walau dia sudah berterus terang kepada ayahnya. Tapi dari sikap Andin setelahnya, dia tahu bahwa gadis lugu itu tidak menolak. Entah mengapa dia seperti tampak sangat berat mengakuinya.

***

Bu Rosi kebingungan ketika sudah malam Romi belum juga pulang. Ia melihat Elisa tampak santai di ruang tengah, sambil ngemil makanan yang dihidangkan bibik, dan sesekali menatap ke arah televisi. Bu Rosi kesal melihat sikap menantunya.

“Elisa, apa Romi sudah pulang?” tanyanya kepada sang menantu.

“Sepertinya belum Ma,” jawabnya enteng.

“Kok sepertinya sih El,”

“Elisa belum melihat mobilnya kembali pulang, jadi menurut Elisa dia belum pulang.”

“Hujan deras tadi, apa kamu tidak berusaha menelponnya?”

“Elisa sudah capek berbaik-baik sama mas Romi, Ma. Dia nggak pernah perhatian sama Elisa. Kalau Elisa menelpon, paling juga jawabnya kasar.”

Bu Rosi menghela napas sedih. Ia menyesal rumah tangga anaknya sepertinya akan berakhir buruk. Ia heran, dulu setengah memaksa minta dinikahkan, tapi begitu menikah, sudah tampak tanda-tanda tidak harmonisnya hubungan mereka.

Bu Rosi mulai berpikir, apa benar tuduhan Romi, bahwa yang dikandung Elisa adalah bukan anaknya? Tampaknya memang hal itulah yang menjadi penyebab sikap Romi begitu dingin terhadap istrinya.

Dari mana Romi berpikir bahwa Elisa mengandung anak orang lain?

Bu Rosi ingin bertanya kepada sang menantu, tapi takut menantunya tersinggung, soalnya pertanyaannya pasti dianggap tidak mendasar. Berbeda dengan Romi, yang pastinya punya alasan untuk menuduh.

“Ma, saya lapar, bolehkah saya makan sekarang?” Elisa yang tak tahan menunggu kedatangan Romi mulai merasa lapar, sementara sang mertua masih belum mengajaknya makan. Barangkali masih menunggu kepulangan Romi.

“Ya sudah, makan dulu saja sana. Kamu kan lagi hamil, kasihan anak kamu kalau kamu sampai terlambat makan.”

“Mama tidak makan sekalian?”

“Biar Mama menunggu Romi dulu.”

Tanpa sungkan, Elisa kemudian berdiri dan langsung beranjak ke belakang. Di ruang makan dia berteriak memanggil bibik.

“Bik, aku mau makan sekarang ya.”

Bu Rosi duduk di ruang tengah sendirian. Sebentar-sebentar melongok ke halaman, berharap melihat bayangan mobil Romi segera datang. Tapi yang ditunggu tidak juga tampak batang hidungnya.

Ia menelpon sekali lagi, tapi panggilan itu tidak segera tersambung.

“Ada nada panggil, tapi kok dari tadi tidak diangkat ya.”

Ketika itulah tiba-tiba bu Rosi melihat bayangan seseorang. Tapi dia bukan Romi. Seorang wanita. Langit yang gelap belum bisa memantulkan wajah siapa yang baru datang, dan bu Rosi baru mengenalnya ketika bayangan itu mendekat.

“Aisah?”

“Selamat malam, Bu.”

“Tumben malam-malam datang kemari, Nak.”

“Saya mendapat berita dari rumah sakit, bahwa Romi dirawat di sana.”

“Apa? Romi dirawat? Kenapa? Kecelakaan?” bu Rosi berteriak khawatir.

“Saya juga belum jelas Bu, kakak saya kan dokter di sana. Dia tahu bahwa Romi tetangga saya. Makanya dia menghubungi saya, soalnya Romi tidak membawa identitas apapun. Ponsel juga tidak dibawanya,” terang Aisah.

“Ya Allah, anakku kenapa?”

Bu Rosi segera membalikkan tubuhnya masuk ke dalam, bahkan lupa mengucapkan terima kasih karena Aisah sudah mengabari. Tapi kemudian dia membalikkan tubuhnya dan berteriak memanggil Aisah yang sudah siap untuk pergi.

“Aisah!”

Aisah menoleh lalu menghentikan langkahnya.”

“Di rumah sakit mana?”

“Pusat, Bu.”

Bu Rosi kembali masuk ke rumah, dan kembali lupa mengucapkan terima kasih. Ia melewati ruang makan dan mengabari Elisa yang masih asyik makan.

“Elisa, suami kamu ada di rumah sakit. Kita harus segera ke sana.”

“Romi kecelakaan?”

“Ibu tidak tahu, cepat kita pergi ke sana.”

Elisa dengan malas meninggalkan piringnya yang masih berisi separuh nasi yang tadi diambilnya. Ia sungkan melanjutkannya, walau perutnya masih terasa lapar.

***

Dokter Faris sedang ikut menangani Romi yang belum tampak sadarkan diri. Badannya sangat panas.

Beberapa luka lebam tampak di sekujur wajahnya. Pakaiannya masih basah.

Dokter Faris ingin menelpon lagi Aisah, agar keluarga Romi juga membawakan baju ganti untuknya, ketika tiba-tiba dari mulut Romi terucap sebuah nama.

“Andini ….”

Dokter Faris urung mencari nama Aisah di ponselnya, menatap bibir kebiruan yang beberapa kali menyebut nama Andin.

***

Besok lagi ya.

52 comments:

  1. Alhamdulillah ... *Bersama Hujan* sudah tayang.
    Syukron nggih Mbak Tien 🌹🌹🌹🌹🌹

    ReplyDelete
    Replies
    1. 💪🤣💪🤣💪🤣💪🤣🤝🏻

      Alhamdulillah BeHa_28 sudah tayang......
      Terima kasih Bu Tien......

      Waduh.......
      Romi datang ke rumah Andin, berlutut tp Andin tak bergeming....... Datang pa Harsono, duka "yayahsinipi" Romi dihajar sampai pingsan.... Andin panik, telepon dr. Faris langsung datang.......

      💪🤣💪🤣💪🤣💪🤣🤝🏻

      Delete
    2. Matur nuwun bunda Tien 🙏
      Semoga bunda sehat selalu.
      Salam aduhai ah 😍

      Delete
  2. Matur nuwun mbak Tien-ku Bersama Hujan tayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Harsono bisa ngamuk juga ya... tentu karena disertai emosi. Betapa tidak, anaknya telah diperlakukan dengan semena-mena.
      Yang belum muncul Kinanti, kapan ketemu Romi, apa Romi juga mengatakan 'akan bertanggungjawab'??
      Salam sukses mbak Tien yang ADUHAI, semoga selalu sehat, aamiin.

      Delete
  3. 🦋🌸🦋🌸🦋🌸🦋🌸
    Alhamdulillah "BeHa" 28
    yg dinanti sdh tayang.
    Matur nuwun Bu Tien.
    Tetap sehat & smangats
    slalu. Salam aduhai💐😍
    🦋🌸🦋🌸🦋🌸🦋🌸

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ttp semangat juga seh

      Bunda Tien setia ma kita2 mbak

      Delete
    2. Romi akhirnya dihajar oleh pak Harsono, pelampiasan amarah yg sdh lama terpendam...Semoga Romi tdk sampai meninggal, kasian pak Harsono nanti dipenjara...
      Stl Romi siuman, malah menyebut nama Andini, bikin Dr. Faris cemburu aja...
      Gimana ya kelanjutannya, penisirin nunggu hari Senin...Sabar menanti deh...

      Delete
  4. Selamat malam bu tien terima kasih cerbungnya

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah BH 28 sudah hadir
    Sehat selalu Bu Tien .

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas segala dukungan, penyemangat dan perhatian yang penuh cinta, buat bapak2, kakek2, opa:
    Kakek Habi, Nanang, Bambang Subekti, Djoko Riyanto, Hadi Sudjarwo, Wedeye, Prisc21, Latief, Arif, Djodhi, Suprawoto, HerryPur, Zimi Zainal, Andrew Young, Anton Sarjo, Yowa, Bams Diharja, Tugiman, Apip Mardin Novarianto, Bambang Waspada, Uchu Rideen, B Indiarto, Djuniarto, Cak Agus SW, Tutus, Wignyopress, Subagyo, Wirasaba, Munthoni, Rinta, Petir Milenium, Bisikan Kertapati, Syaban Alamsyah,

    Dan mbakyu, ibu, eyang, nenek, oma, diajeng:
    Nani Nuraini Siba, Iyeng Santosa, Mimiet, Nana Yang, Sari Usman, KP Lover, Uti Yaniek, Lina Tikni, Padmasari, Neni Tegal, Susi Herawati, Komariyah, I'in Maimun, Isti Priyono, Yati Sribudiarti, Kun Yulia , Irawati, Hermina, Sul Sulastri, Sri Maryani, Wiwikwisnu, Sis Hakim, Dewiyana, Nanik Purwantini, Sri Sudarwati, Handayaningsih, Ting Hartinah, Umi Hafid, Farida Inkiriwang, Lestari Mardi, Indrastuti, Indi, Atiek, Nien, Endang Amirul, Naniek Hsd., Mbah Put Ika, Engkas Kurniasih, Indiyah Murwani, Werdi Kaboel, Endah, Sofi, Yustina Maria Nunuk Sulastri, Ermi S., Ninik Arsini,
    Tati Sri Rahayu, Sari Usman, Mundjiati Habib, Dewi Hr Basuki, Hestri, Reni, Butut, Nuning, Atiek, Ny. Mulyono SK, Sariyenti, Salamah, Adelina, bu Sukardi, mBah Put Ika, Yustinhar, Rery, Paramita, Ika Larangan. Hestri, Ira, Jainah, Wiwik Nur Jannah, Laksmi Sutawan, Melly Mawardi, Tri, Rosie, Dwi Haksiwi, Purwani Utomo, Enny, Bunda Hanin , Dini Ekanti, Swissti Buana, YYulia Dwi, Kusumawati,

    Salam hangat dan ADUHAI, dari Solo.

    ReplyDelete
  7. Maturnuwun sanget Bu Tien...
    🙏🙏

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah
    Matur sembah nuwun mbak Tien

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah BERSAMA HUJAN~28 sudah hadir, terimakasih bu Tien, semoga tetap sehat dan bahagia senantiasa bersama keluarga.
    ‌Aamiin yra..🤲

    ReplyDelete
  10. Mksh bunda Tien

    BERSAMA HUJAN 28
    Udah tayang
    Yuuk kita ikutin ceritanya

    ReplyDelete
  11. Terima kasih bu tien
    Semoga bu tien sehat2 n selalu dlm lindungan n bimbingan Allah SWT .... aamiin yra

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah , Terima kasih bunda Tien semoga sehat walafiat 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  13. Dr. Faris merasa dpt saingan berat. Bagaimanapun juga hati Andin sdh dicuri oleh dr. Faris.

    Sayang hrs menunggu sampai hr Senin baru ada episode yg selanjutnya. Ini yg membuat hati gemes. Salam hangat selalu.

    ReplyDelete
  14. Mtrnwn mb Tien
    Alhamdulillaah, semoga mb Tien sehat selalu

    ReplyDelete
  15. Alhamdulilah BH episode 28 sdh tayang Terima kasih bu Tien , smg bu tien selalu sehat dan bahagia serta selalu dalam lindungan Allah SWT, jangan capek capek ya bun .. salam hangat dan aduhai bundaku sayang.

    Romi mendapat balasan karena perbuatannya.... sdh tidak sadar masih manggil2 andin...

    .

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah
    Terimakasih bunda Tien
    Semoga bunda Tien selalu sehat aamiin

    ReplyDelete
  17. Romi ttp tak bergeming dari dia berlutut utk meminta maaf pd Andin

    Kata maaf udah Andin ucapkan pd Romi
    Eeh dgn entengnya mlh mau tanggung jawab utk menikahi Andin

    Nah saat msh hujan pula pak Harsono dtg dgn msh pake mantel hujan dan tau kl itu adalah Romi
    Emosi tak terkendali di tendangnya ber tubi2 hingga terjungkal ta ada perlawanan sama skli

    Andin takut kl sampai terjadi apa-apa dgn Romi akhirnya tlp Dokter Faris
    Alhamdulillah cpt di tangani lgsg di bawa ke RS
    Luka lebam di tubuh Romi udah di tangani dgn baik, tp badannya msh panas

    Bu Rosi gelisah krn Romi gak plg2
    Sementara Elisa udah kelaparan dgn lahab msh mkn sndri
    Aisah info ke bu Rosi kl Romi kecelakaan

    Segera bergegas ke RS, akan tetapi bgtu sadar mlh Andin yg di sebut namanya
    Hadeeh bikin cemburu dokter Faris nih
    Trus apa yg akan terjadi kelanjutannya

    Yuuk boleh deh penisirin bingitzs
    Tunggu besok lagi ya

    Mksh bunda Tien sehat selalu doaku
    Ttp semangat dan
    ADUHAI ADUHAI ADUHAI

    ReplyDelete
  18. Alhamdullilah, BH 28 telah hadir
    Matur nuwun bunda Tien
    Semoga selalu sehat dan bahagia bersama keluarga ..

    Reply

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah. Malem Ahad saget minangka kanca nongkrong wonten cafe alun-alun Balung Jember.
    Matur nuwun Bu Tien.
    Mugi2 panjenengan tansah pinaringan sehat wal afiat

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah, bersama hujan sdh hadir, terima kasih bunda Tien....
    Diakhir eps selalu membuat penasaran...

    ReplyDelete
  21. Terima kasih bu Tien ... Bersama hujan ke 28 sdh tayang ... Tambah seru ... Smg buTien & kelrg bahagia dan sehat selalu ... Salam Aduhai .

    ReplyDelete
  22. Maturnuwun Bunda.betul makin seru

    ReplyDelete
  23. Bgmn ya Romi...apa akhirnya mati? Aduuh...penasaran, masih nunggu bsk Senin.
    Mtr nwn Bu Tien, sehat sll.

    ReplyDelete
  24. Huah
    Keren bapaké ngamuk, kiye wong sing marakna ora bisa nglunasi janji maring soibé; bebesanan karo pak Istijab.
    Untung nggak ada batu disekitarnya, andai ada remuk dia.
    Dianggap kecoak, padahal kecoak bagi bapak paling menjijikan.
    Sangat ingin melumat.
    Nggak di ingatkan, ya udah lupa membawakan pakaian ganti.
    Dah ..pakai seragam pasien aja, tapi belum pindah tuh dari unit gawat darurat.
    Mudah mudahan masa kritis bisa terlewati.
    Kasihan Kinan nungguin diruang praktek dokter, dokternya sibuk sendiri.
    ADUHAI

    Terimakasih Bu Tien
    Bersama hujan yang ke dua puluh delapan sudah tayang.
    Sehat sehat selalu doaku
    Sedjahtera dan bahagia bersama keluarga tercinta
    🙏

    ReplyDelete
  25. Matur nuwun bunda Tien, salam sehat n salam aduhai

    ReplyDelete
  26. Alhamdulilah, matur nuwun mbakyu Tienkumalasari sayang sudah tayang episode ke 28, smoga sehat sll didalam lindungan-Nya, Aamiin, salam kangen dari Tanggamus, Lmpnh

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah, BERSAMA HUJAN(BH)28 telah tayang , terima kasih bu Tien, salam sehat, sejahtera dan bahagia selalu bersama keluarga. Aamiin.
    UR.T411653L

    ReplyDelete
  28. Alhmdllh... terima kasih Mbu Tien... semakin menegangkn dan pinisirin.... semoga ketemu Kinanti di RS....
    Sehat sllu mbu tien bersama keluarga...

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah Be Ha 28 sdh tayang. Matursuwun Bu Tien, salam sehat dan bahagia selalu dari "Bekti"

    ReplyDelete
  30. Alhsmdulillah Bersama Hujan - 28 sdh hadir
    semakin seru dan bikin penasaran lanjutan ceritanya.
    Terima kasih Bunda Tien, semoga Bunda sehat dan bahagia selalu.
    Aamiin

    ReplyDelete
  31. Matursuwun bunda Tien
    BeHa 28 tayang penuh dg drama... Biar kapok tu si Romii.. dokter Faris jangan cemburu yaa😁

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah
    Matur nuwun bu Tien 😍
    Salam sehat wal'afiat selalu

    Dokter Faris jgn cemburu ya...
    Andin tdk kemana kok...
    Salam aduhaiii bu Tien

    ReplyDelete
  33. Hamdallah.. Bersama Hujan 28 telah tayang. Matur nuwun Bu Tien, semoga Ibu tetap Semangat, tetap Sehat wal Afiat bersama Keluarga di Sala. Aamiin


    Puas sdh pak Harsono bisa menghajar Romi, lelaki yang merusak masa depan Andin.

    Lepas sdh topeng2 yang di pake Andin dan Ayah nya.
    Akhir nya Andin tdk bisa nutupi aib nya lagi.

    Tinggal sekarang Andin memilih, mau menerima lamaran nya dr Faris, lamaran nya mas Luki, atau lamaran nya Romi. 😁😁

    Salam sehat dan selamat berakhir pekan untuk semuanya.

    ReplyDelete
  34. Terima kasih bu Tien, sudah tayang dan ceritanya sangat mengharukan, Selamat bermalam minggu, sehat2 ya bu....

    ReplyDelete
  35. Biarin saja, akhirnya ibunya tahu kelakuan anaknya ...kenapa bisa begitu ? .....apa lagi dia terus menggigau ......*Andini ......Andini ......*
    *ma'afkan aku Andini ......Andini ....mau ya jadi istriku...!*

    Ngigaunya saat ibunya datang dan ada dr Faris ......

    Waduuh .........ibunya bingung .....kemarin ada Kinanti .....sekarang ada Andini .....mana Elisa lagi indul² lagi ...waduuh .....!

    Belum lagi dr Faris ...walah ....dapat saingan berat nih ....harus segera aksyien .......tapi Andininya ....hah ...hoh ....ngga tegas ....kesana enggak kesini enggak ......
    Ayo pak Petir ....segera bertindak .......!!

    Penasaran....?

    Tunggu episode selanjutnya ....

    Salam sehat....
    Salam Aduhai ......

    ReplyDelete
  36. Seruuu banget nih.,.
    Makasih mba Tien.
    Salam hangat selalu aduhai

    ReplyDelete
  37. Elisa akan bertemu dg Dr Faris dirumah sakit? Bagaimana dg rahasia kehamilannya?
    Semua ra ha asianya akan terbuka?

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

  39. Barangkali ada yang mau mengkoleksi novel bu Tien, masih ada stok LASTRI dan KEMBANG TITIPAN masing-masing ada 8 eksemplar.
    Yuk bantu bu Tien jual novelnya.

    ReplyDelete

M E L A T I 45

  M E L A T I    45 (Tien Kumalasari)   Melati merasa gelisah. Dia tahu, Nurin bersikap baik kepadanya, tapi ia mengkhawatirkan sikap ibunya...