Wednesday, June 28, 2023

SEBUAH PESAN 30

 SEBUAH PESAN  30

(Tien Kumalasari)

 

 

Damian merasa, bahwa memang seperti yang diduganya, bahwa keluarga pak Rahman menganggapnya tidak berharga untuk mendampingi Raya. Memang, dikatakannya bahwa dia bisa mengerti tentang cinta putrinya, dan tidak akan menghalanginya, tapi syaratnya ada, yaitu dirinya harus kuliah dulu, agar sedikit ada kesetaraan kedudukannya dengan Raya. Paling tidak Raya pacaran dengan seseorang dengan status mahasiswa, bukan seorang tukang kebun. Damian tidak perlu merasa sakit hati, karena dia tahu bahwa sebagian besar orang kaya pasti punya pikiran semacam itu. Sehingga kalau ada yang bertanya, siapa menantu anda, maka jawabnya bukan mengatakan apa yang menjadi pekerjaannya, tapi statusnya di kampus, sebagai mahasiswa. Itu keren bukan?

Harusnya itu adalah hal baik. Disekolahkan, disediakan biayanya, untuk bisa mendampingi anak bungsunya. Damian tersenyum tipis.

“Bagaimana Dam? Aku serius, bagiku tidak masalah menyekolahkan kamu lagi, lalu setelah lulus nanti kamu bisa bekerja kantoran, bahkan bisa membantu pekerjaan aku. Kamu tidak usah ragu, kamu akan menjadi keluarga Rahman yang punya kedudukan, dan terhormat. Raya pasti senang mendengar kesanggupan kamu.”

Damian menatap ke arah halaman kecilnya, melihat cuaca semakin redup. Udara juga tak sepanas sebelumnya. Tapi Damian merasa gerah. Bukan karena dia punya uang banyak lalu meremehkan tawaran yang menggiurkan ini, tapi Damian merasa punya harga diri. Kalaupun dia tak punya uang seperti dulu pun, dia pasti menolak tawaran itu.

“Susah menjawabnya? Jangan khawatir, kamu tak perlu berhutang untuk itu. Aku memberikannya dengan tulus.”

Damian menatap pak Rahman sekilas, tapi kemudian dia menundukkan muka.

“Saya minta maaf Tuan.”

“Kamu tidak perlu minta maaf. Manusia memiliki garis hidup masing-masing. Jangan menyesali sebuah kemiskinan, seperti aku tidak bersorak karena aku punya segalanya. Kita anggap saja semuanya adalah wajar, dan lumrah.”

Kata-kata halus pak Rahman memang sama sekali tidak menunjukkan sebuah kesombongan, Tapi yang ditawarkannya adalah sebuah tuntutan.

“Sekali lagi saya minta maaf, Tuan. Saya harus berterima kasih atas perhatian Tuan yang begitu besar terhadap diri saya. Saya merasa tersanjung karena Tuan sangat mengerti bagaimana seorang miskin seperti saya membutuhkan kehidupan yang lebih layak. Tapi … maaf ….”

Pak Rahman agak kesal karena Damian berulang kali meminta maaf.

“Langsung saja kamu jawab. Setiap saat aku bersedia memenuhi keinginan kamu.”

“Maaf,” lagi-lagi maaf, membuat pak Rahman kemudian menyandarkan tubuhnya di kursi, menunggu jawaban Damian sambil menatap langit-langit rumah beratap genting yang sudah bolong di sana-sini.

“Saya tidak bisa menerima tawaran Tuan.”

Pak Rahman menegakkan tubuhnya, seakan tak percaya apa yang baru saja didengarnya. Ditatapnya Damian dengan pandangan tajam, menusuk.

“Saya adalah orang yang sederhana. Saya hanya ingin mencapai sesuatu yang bisa saya raih dengan tangan saya. Saya tidak ingin menyusahkan orang lain untuk memberikan kemudahan demi pencapaian itu. Kalau saya mampu, saya akan meraihnya, tapi kalau tidak mampu, saya akan meletakkannya. Biarlah hidup saya berjalan seperti apa adanya.”

Pak Rahman tertegun. Ia harus mengakui, Damian berhati teguh. Damian kuat menerima garis hidupnya walau miskin dan sengsara. Damian ingin berdiri diatas kakinya sendiri dan tak ingin orang lain menopangnya.

Mata tajam itu kemudian berisikan kekaguman. Iming-iming untuk bisa menjadi menantunya dengan mengharuskannya  kuliah, dan menjanjikan sebuah kedudukan, sedikitpun tak menggoyahkan hatinya.

“Damian, kamu yakin dengan jawaban kamu?”

“Saya sangat yakin, Tuan, sekali lagi, maafkanlah saya.”

“Dengan resiko kamu tak bisa hidup bersama Raya?”

“Sejak awal saya sudah menyadari, bahwa saya hanyalah pungguk yang merindukan bulan. Saya tidak akan menyesalinya, walau harus kehilangan non Raya.”

“Tapi sesungguhnya kamu mencintainya kan?”

“Tuan tidak perlu menanyakannya lagi. Saya sudah menyiratkannya sejak awal percakapan kita.”

Pak Rahman kembali pulang dengan berbagai perasaan mengaduk-aduk hatinya. Ada rasa kagum, ada rasa kecewa, ada sesal kenapa putri bungsunya harus jatuh cinta kepada laki-laki seperti Damian. Memang sih, Damian itu ganteng, gagah, baik, dan baru saja pak Rahman menyadarinya bahwa Damian punya pendirian yang teguh. Tak ingin menyusahkan orang lain. Ingin meraih sesuatu dengan kekuatannya sendiri. Luar biasa si bekas tukang kebun ini.

***

Damian masuk kedalam kamarnya, dan berpikir tentang tawaran pak Rahman. Ia takut dikira sombong, tapi dia bukannya sombong. Sikap pak Rahman menunjukkan bahwa dirinya yang seperti ini memang tak pantas berdampingan dengan non Raya yang sangat dicintainya. Harus ada peningkatan status, tapi peningkatan yang dipaksakan. Ini membuatnya sedih. Tapi dia tak menyesalinya, walau resikonya adalah akan kehilangan Raya.

Ia masuk ke kamar mandi dan berwudhu, barangkali ia akan merasa lebih tenang setelah bersujud.

Ia sedang bersiap untuk makan malam, dari sisa lauk yang tadi dibelinya saat menemani Alex makan sebelum mengantarkannya ke bandara, ketika ponselnya berdering. Ia melihat, dari Raya. Hatinya menjadi sedih. Pasti pak Rahman sudah mengatakan bahwa dia tak mau menerima dan memaksa Raya melupakannya. Damian membiarkan ponsel itu berdering, karena tak sanggup mendengar keputusan keluarga Rahman yang akan dikatakan Raya.

Ia mengambil nasi dan lauknya, terus melahap makanannya, mengacuhkan dering  bertubi-tubi yang tak ingin diangkatnya.

“Maaf Non, saya tidak berani mendengar berita buruk ini,” gumamnya pelan sambil terus makan, walau hatinya gundah.

***

Raya menutup wajahnya dengan bantal, menangis terisak-isak. Tak biasanya Damian menolak telponnya. Apa dia marah? Ia tak tahu bahwa ayahnya datang menemui Damian. Sehingga dia sebenarnya tak ingin membicarakan tentang kedatangan ayahnya. Mengapa ya Damian tidak mau mengangkat telponnya?

Sementara itu pak Rahman termenung di serampi teras, memikirkan penolakan Damian yang membuatnya sedikit kecewa. Tapi sesungguhnya dia memuji Damian yang tak tergiur oleh iming-iming yang dilontarkannya.

“Bapak sudah pulang?”

“Ya.”

“Sedang memikirkan sesuatu?” tanya sang istri ketika melihat suaminya seperti melamun.

“Aku dari rumah Damian.”

“Apa? Mengapa Bapak ke sana? Jadi, seperti rencana Bapak itu? Dia senang dong,” kata bu Rahman sinis, sambil duduk di depan suaminya.

“Dia menolak.”

“Apa? Bapak menawarkan untuk membeayai kuliah, dan dia menolak? Sombong sekali dia. Huh, apa mau lebih? Uang yang banyak … dan_”

“Tidak, dia tidak minta apapun. Dia hanya ingin hidup sederhana seperti dirinya sekarang ini. Dia tak ingin meraih cita-citanya dengan merepotkan orang lain.”

“Kasihan Raya. Kita sudah berusaha memenuhi permintaannya, dan menyekolahkan si tukang kebun itu, tapi ditolak? Aku yakin dia ingin lebih. Mungkin rumah yang bagus, kendaraan, atau apa?”

“Tidak, aku kan sudah bilang bahwa dia tak menginginkan apapun?”

“Dia menolak, begitu saja?”

“Ya. Aku kagum sama pendiriannya.”

“Dia itu sombong. Apa yang Bagak kagumi dari dia?”

“Dia tidak mau apapun. Mana mungkin mau lebih. Dia sudah bilang, dirinya adalah dirinya yang sekarang. Sederhana. Atau katakanlah miskin, tapi dia tak ingin lebih.”

“Bapak bilang dong sama Raya, hidupnya akan sengsara nanti.”

“Jangan begitu dong Bu, doakan yang baik-baik, untuk anak sendiri.”

 “Kita ingin yang terbaik untuk anak kita, bukan Pak? Lalu kalau dia memilih sendiri, dan pilihannya salah?”

“Tampaknya kita tidak bisa menghentikan Raya.”

“Jadi … kita tetap akan menerima gembel itu?”

“Bu, namanya Damian, bukan gembel,” kesal pak Rahman.

“Ya Tuhan, bagaimana nanti kehidupan anakku ;;; “ keluh bu Rahman sedih.

“Sudah, tidak usah menyesali lagi. Bahwa kehidupan manusia itu sudah berada dalam garis takdirnya. Kita hanya bisa berserah dan mensyukuri semuanya,” kata pak Rahman yang sesungguhnya juga sedih.

“Tapi nanti Raya akan hidup kekurangan, aku tidak rela Pak.”

“Kita bisa membantunya. Sudahlah. Sekarang panggil Raya kemari.”

“Dia tidur, ibu baru saja menjenguk ke kamar. Wajahnya ditutup bantal.”

“Coba telpon ke Kamila, dia harus kita ajak bicara. Kalau memang Damian serius, dia harus segera melamar. Aku tidak suka anak-anak muda pacaran semaunya.”

Kamila yang sedang bersantai dengan suaminya, terkejut ketika mendengar dari ibunya, bahwa ayahnya mengijinkan Raya menikah dengan Damian.

“Benarkah Bu?”

“Itu keinginan ayah kamu. Ibu tidak. Ibu tetap tidak suka.”

“Bu, kalau bapak sudah mengijinkan, berarti sudah diperhitungkan semuanya masak-masak, mengapa ibu tetap tidak suka?”

“Kamila, kamu seperti tidak tahu saja. Damian itu siapa?”

“Damian laki-laki yang baik, dan Raya mencintainya. Saya kira ibu tidak boleh begitu. Restu ibu itu penting untuk kehidupan anaknya lhoh.”

“Jadi kamu setuju adikmu menikah sama dia?”

Pak Rahman yang mendengar istrinya bicara, segera mengambil ponselnya.

“Mila.”

“Bapak, saya sudah mendengar dari ibu.”

“Ibumu tidak suka, tapi apakah dia tega melihat anaknya menangis setiap hari? Dia bisa jatuh sakit lagi, dan itu akan membuat kita lebih susah, ya kan?”

“Raya bukan anak kecil. Pasti ada yang istimewa pada Damian sehingga dia bisa sangat mencintainya.”

“Itu benar. Damian hanya miskin. Tapi dia punya pribadi yang baik. Aku akan mempercayakan adikmu pada dia. Bagaimana menurut kamu?”

“Kalau itu memang yang terbaik, dan Bapak menyetujuinya, Mila akan mendukungnya.”

Baiklah, ini baru awal dari pembicaraan aku sama ibumu, nanti kita bicara lagi.”

“Kalau bisa, besok hari Minggu saya akan ajak mas Abi pulang kemari.”

“Syukurlah kalau bisa, jadi akan lebih jelas rencana-rencana yang akan kita bicarakan. Aku juga belum bicara sama Raya. Apalagi Damian. Tadi aku menemui dia, bermaksud menyekolahkannya, tapi dia menolak.”

“Ah, sayang sekali. Kenapa menolak?”

“Pastinya  dia punya harga diri. Jelasnya nanti kita bicara kalau ketemu.”

Ketika pak Rahman mengakhiri pembicaraan itu, bu Rahman sudah tidak lagi berada di depannya.

***

Pagi-pagi sekali, Raya sudah tampak bersiap akan pergi. Pak Rahman dan bu Rahman yang sedang duduk sambil menghirup minuman pagi nya, segera memanggilnya. Pak Rahman melihat wajah Raya sembab, barangkali dia menangis semalaman.

“Raya, mau kemana,” tanya pak Rahman.

“Mau keluar sebentar,” jawabnya dengan hanya menghentikan langkahnya sebentar, tapi ketika ia mau melanjutkan langkahnya, sang ayah memanggilnya lagi.

“Tunggu sebentar Ray, bapak mau bicara.”

Raya sebenarnya ragu. Sesungguhnya ia ingin ke rumah Damian, dan tak ingin terlambat, keburu dia masuk kerja. Tapi melihat ayahnya seperti ingin bicara penting, ia terpaksa berhenti.

“Duduk di sini sebentar.”

“Kamu harusnya sarapan dulu kalau mau pergi,” tegur ibunya.

“Nanti saja.”

“Duduklah, bapak mau bicara.”

Raya duduk, wajahnya yang pucat tampak tegang.

“Bapak sudah memikirkannya masak-masak. Kalau kamu memang cinta sama Damian, dan Damian juga mencintai kamu, bapak minta agar Damian segera melamar kamu” kata pak Rahman langsung pada pokok pikiran.

Raya terhenyak. Seperti mimpi dia mendengar perkataan ayahnya. Dia menatap tak percaya.

“Kamu siap menjalani hidup sederhana seandainya sudah menjadi suami istri?”

Raya mengangguk, bulir air mata kembali terjatuh dari mata kuyu nya.

“Kamu siap tidak, hidup sengsara?” sambung ibunya tandas.

“Kalau kamu sudah mantap dan betul-betul mantap, temui dia dan katakan keinginan bapak ini. Bapak tidak suka anak-anak bapak pacaran terlalu lama. Kamu mengerti maksudku?”

Raya, lagi-lagi mengangguk.

“Sebenarnya kamu mau menemuinya, bukan?” kata pak Rahman.

Raya hanya mengangguk, tak bisa mengelak.

“Baiklah, rasanya bapak tidak usah berpanjang lebar lagi. Hal yang akan kamu jalani kalau kamu nekat menjalani hidup bersama Damian, sudah pernah kita bicarakan. Kamu akan risih mendengarnya. Dan sejatinya semua yang akan kamu jalani adalah pilihan hidup kamu. Bapak tak bisa apa-apa.”

“Terima kasih, Pak. Saya pergi dulu sekarang.”

Raya berdiri, mencium tangan ayah ibunya, yang semula tak dilakukannya karena nggak mau ditanya kemana dia akan pergi.

Pak Rahman menepuk bahu Raya, tapi bu Rahman menerimanya dengan acuh.

***

Damian sudah mengeluarkan sepeda  motor bututnya, ketika melihat Raya memasuki halamannya dengan sepeda motor pula.

Damian berdebar. Ia menstandarkan sepeda motornya, lalu melangkah menyamburtnya.

Wajah Raya berseri, walau matanya tampak sebab. Ijin yang diberikan ayahnya telah memulihkan semangatnya, dan membuat matanya berbinar.

“Sudah mau berangkat ya?” tanya Raya sambil turun dari sepeda motornya.

“Iya sih, kok Non datang kemari pagi-pagi?”

“Aku boleh minta waktu kamu sebentar Dam?”

“Kalau begitu mari duduk dulu,” jawab Damian dengan hati berdebar.

“Nanti terlambat?”

“Saya akan minta ijin untuk datang terlambat, silakan duduk dulu.”

“Aku hanya ingin berkata singkat. Bapak mengijinkan kita hidup bersama.”

Damian terbelalak.

“Dam, aku sangat mencintai kamu, aku tak akan menikah kalau harus berpisah dari kamu.”

“Tapi Non, tadi_”

“Bapak minta agar kamu segera melamar aku.”

***

Besok lagi ya.

 

 

 

 

 

50 comments:

  1. Replies
    1. πŸ‘πŸͺπŸπŸ„πŸ‚πŸ‘πŸͺπŸπŸ„πŸ‚πŸ‘πŸͺπŸπŸ„πŸ‚
      Alhamdulillah EsPe_30 sudah di tayangkan Bu Tien, terima kasih bu Tien. Sugeng dalu.
      Selamat buat jeng Mimiet Cimahi & jeng Iyeng Santoso Semarang, sang juara 1 berdua sama-2 komen pada jam yang sama 18.32 WIB.

      Semoga restu pak Rahman menjadi penguat Raya dan Damian dalam menggapai cita-citanya.
      Salam ADUHAI buat semuanya.
      πŸ‘πŸͺπŸπŸ„πŸ‚πŸ‘πŸͺπŸπŸ„πŸ‚πŸ‘πŸͺπŸπŸ„πŸ‚

      Delete
    2. Selamat malam Bunda Tien di Solo...


      Oh signal....

      Telaaat lagi...

      Matur nuwun Bunda Tien...

      Semoga Bunda sehat selalu Aamiin...


      Ga papa lah telat...


      Masih nangkring di atas ini..


      Hi Hi Hi.....

      Salam ADUHAI dari Kalimantan


      πŸ’œπŸ’™πŸ’šπŸ’›❤

      Delete
  2. Alhamdulillah SP 30 udah tayang

    Penasaran nih setujuh Damian jgn mau di biayai pak Rahman

    Jaga harga dirimu jgn mau jd sasaran umpat bu Rahman yg kerjanya merendahkan org aj

    Gak kshn anaknya yg udah bnr2 cinta mati ma Damian

    Mojok yuuuk mojok biar tau kelanjutan nya

    Mksh bunda Tien sehat selalu doaku

    ReplyDelete
  3. Sungguh elok susunan kalimat yang dirangkai mbak Tien, untuk menggambarkan sikap Damian.
    Bersahaja namun tegas.
    Dan terlihat punya harga diri, meskipun tetap santun menyampaikannya. Ini keistimewaan besutan mbak Tien πŸ₯°πŸ₯°

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah gasik banget, mtnw.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah .
    Syukron nggih Mbak Tien 🌹🌹🌹🌹🌹

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah....
    Mtnuwun mbk Tien
    Smg selalu sehat buat mbk Tien dan semuanya,Aamiin

    ReplyDelete
  7. Selamat lebaran haji bu Tien...

    ReplyDelete
  8. Matur nuwun mbak Tien-ku, Sebuah Pesan telah tayang

    ReplyDelete
  9. Alhamdulilah..
    Tks banyak bunda Tien.. Damian sdh tayang

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah.... Hatur nuhun Bu Tien, semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
  11. Maturnuwun sanget Bu Tien...
    πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah SEBUAH PESAN~30 sudah hadir, terimakasih, semoga bu Tien beserta keluarga tetap sehat .. Aamiin..🀲

    ReplyDelete
  13. Wah, tayang awal ya bu...persiapan hari raya...terima kasih masih menyempatkan menulis, semoga sehat selalu, ibu Tien...πŸ™πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜Š

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah sdh tayang ... trimakasih bu Tien. Sehat selalu

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah SP-30 sudah hadir
    Terima kasih Bunda Tien, semoga bunda sehat selalu.
    Aamiin
    Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H
    Mohon maaf lahir dan batinπŸ™

    ReplyDelete
  16. Alhamdullilah SP 10 SDH tayang .terima kasih bunda πŸ™Selamat Hari Raya Iedul Adha ..mohon maaf lahir dan batin..slm Seroja dari skbmi unk bundaquπŸ™πŸ˜˜πŸŒΉ❣️

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah, matur nuwun sanget hadiah di malam takbiran Idul Adha
    Sehat wal'afiat bu Tien sekeluarga ya
    πŸ€—πŸ₯°
    Aamiin

    Subhaanallaah mantab n aduhaaiiii
    Damian n Raya bersatu ,, senangnya
    Betapa kagetnya nanti kl kel dari Amerika datang ,,tdk membayangkan , bgm selanjutnya bu Tien ,,, pokoke aduhaaaiiii πŸ™πŸ˜Š

    ReplyDelete
  18. Alhamdulilah ..terima kasih bu tien sp 30 sdh tayang... salam hangat dan aduhai srmoga bu tien sll sehat aamiin yra

    ReplyDelete
  19. Sedikit lega tahu pedoman hidup Damian, tidak suka merepotkan orang lain. (Saya juga loh, kecuali kalau kepepet)... Yang jelas akan segera kuliah atas biaya sendiri.
    Kalau disuruh segera melamar Raya senang apa sedih ya, mengingat belum siap mental.
    Salam sukses mbak Tien yang ADUHAI, semoga selalu sehat, aamiin.

    ReplyDelete
  20. Maturnuwun Ibu Tien... Sehat selalu Ibu Tien...

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah Maturnuwun bunda Tien

    ReplyDelete
  23. πŸπŸ„πŸπŸ‘πŸπŸ„πŸπŸ‘
    Alhamdulillah eSPe 30
    sudah tayang...
    Matur nuwun Bu Tien.
    Sy & kelg menghaturkan
    Selamat Idul Adha 1444 H
    Mohon Maaf Lahir & Bathin
    πŸπŸ„πŸπŸ‘πŸπŸ„πŸπŸ‘

    ReplyDelete
  24. Siip tenan; ingin mandiri, usaha dari hasil keringat sendiri, berdikari 'merdeka'.
    Lama donk, agak cepat dikit napa?; kan nggak mau di recokin masalah finansial, iya ya nggak mau nanggung beban utang, apalagi utang budi ya..
    Pak Rahman menilai Damian; Damian bagus punya keteguhan pendirian.
    Kak Mila; kalau bapak setuju, Mila mendukung.
    Lha ini maknya langsung menjauh ; karepmu lah.
    Semalam pada tetangisan, yang satu merasa keangkuhan; menolak investasi.
    Satunya nelpon nggak nyambung nyambung, sekedar rindu.
    Pak dhe alek, angΓ¨l men tΓ₯.
    KΓ₯yΓ₯ tembang bocah, pak dΓ¨ngkΓ¨k kagungan putra; putranΓ© nangis waΓ©..
    Kesimpulan kesimpulan di ambil, saling simpul bundhet tΓ₯, bΓ¨n mumet sisan, lho kan sekolah dulu; esemanya katanya belum katam keburu ngegantiin pak Timan, terus di perguruan tinggi ambil diploma biar cepet selesai.
    Rangkum aja kesimpulan² buat mengemukakan biar nggak pakΓ© lama; 'bapak minta agar kamu segera melamar aku.'
    Tuh jadi ribut nggak tuh..
    ADUHAI

    Terimakasih Bu Tien
    Sebuah pesan yang ke tiga puluh sudah tayang
    Sehat sehat selalu doaku
    Sedjahtera dan bahagia bersama keluarga tercinta
    πŸ™

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah, matursuwun Bu Tien.Salam sehat selalu

    ReplyDelete
  26. Hayırlı bayramlar mübarek olsun inşallah..

    Happy Eid Adha 1444 HπŸ™πŸ»✨

    Mohon maaf lahir dan batin πŸ™πŸ»πŸ€²πŸ»✨πŸ’–

    Selamat lebaran πŸ’ž

    ReplyDelete
  27. Terimakasih banyak bu Tien . Salam hormat dan sayang dari Tangerang.

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah, maturnuwun, sehat dan bahagia selalu bunda Tien . .
    Selamat Idul Adha 1444H πŸŒΉπŸ’

    ReplyDelete
  29. Alhamdulilah
    Terimakasih bunda Tien SP 30
    Semoga bunda Tien sekeluarga selalu sehat wal'afiat aamiin

    ReplyDelete
  30. Terimakasih.Bu Tien ...semoga sehat selalu dg semangat di dunia halu

    ReplyDelete
  31. Terimakasih Mak Tien, semakin penasaran. Salam sehat selalu untuk Mbak Tien dan keluarga

    ReplyDelete
  32. Matur nuwun bunda Tien...πŸ™πŸ™

    Kami sekeluarga..
    Menghaturkan

    Selamat Idul Adha 1444 H
    Mohon Maaf Lahir & Bathin
    πŸ™πŸ™πŸ₯°

    ReplyDelete
  33. Makasih mba Tien.
    Ceritanya semakin aduhai

    ReplyDelete
  34. Untuk ibu penulis dan seluruh para pemiarsa saya haturkan :
    "Selamat Idul Adha 1444 H
    Mohon Maaf Lahir & Bathin"
    Salam sehat penuh semangat dari Rewwin...🌿

    ReplyDelete
  35. Selamat Petang Bu Tien ugi para Kadang Kinasih WAG PCTK... Muntoni ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H semoga Allah SWT memberkahi kita semua. Aamiin

    ReplyDelete
  36. Puji Tuhan, SP30 hadir gasik sekali...
    Damian jangan lupa pesan Om Alex, agar selalu menjalin komunikasi dgn kel disana, krn itu sungguh2 keluargamu...

    Katakan kpd Om Alex bahwa disuruh melamar pacar yg sangat kau cintai, yg adalah anak mantan majikannya.

    Semoga om Alex akan datang lagi untuk melamarkan shg kel Rahman akan tahu tentang ibu Damian dan akan lebih mantab memberi ijin berkeluarga...

    Matur sembah nuwun ibu Tien cerita yg semakin bikin penasaran lanjutnya..

    ReplyDelete
  37. Maaf kok saya gak bisa lht episode 31

    ReplyDelete

M E L A T I 45

  M E L A T I    45 (Tien Kumalasari)   Melati merasa gelisah. Dia tahu, Nurin bersikap baik kepadanya, tapi ia mengkhawatirkan sikap ibunya...