Tuesday, December 29, 2020

SANG PUTRI 36

SANG PUTRI  36

(Tien Kumalasari)

 

“Adiknya bu Suprih?” tanya Mirah bingung.

“Iya, kami cuma dua bersaudara. Ayo masuklah, nanti aku kenalkan sama adikku juga, pasti mereka sudah didalam."

Mirah mengikuti Suprih masuk ke rumah. Lalu terdengar teriakan.

“Yu Miraaaah !!”

Mirah terkejut, demikian juga Tanti dan Suprih. Kok Nanda sudah kenal Mirah?

Lalu dengan terpana dipandanginya dua orang yang sudah dikenalnya. Priyambodo dan Nanda. Mereka bertatapan dengan bingung. Sama-sama bingung. Mirah bingung ternyata Pri adiknya bu Supri. Pri bingung ternyata yang mau dijodohkan dengannya adalah Mirah. Tapi berdebar hati Pri. Hari itu Mirah sedikit berdandan, pakai bedak, pakai baju yang lebih bagus, tidak seperti biasanya kalau dia melihatnya dirumah Palupi. Wajah cantiknya berkilat karena keringat. Tanpa bedak dan hanya dengan baju rumahan yang sederhana.

“Kalian sudah kenal?” tanya Suprih heran.

“Sudah yu, ini mbak Mirah, aku kenal di rumahnya mbak Palupi.”

Mirah mengangguk. Terbayang ‘dosa-dosa’ yang telah diperbuatnya untuk Pri. Menyiram teh panas , mengusir dengan kata-kata yang membuatnya panas. Tiba-tiba Mirah merasa malu telah melakukan semua ‘dosa’ itu. Apakah ia harus mengakuinya agar berkurang dosanya?

“Ya ampuun.. nak Mirah, ya dia inilah adikku, dan Nanda ini keponakanku. Memang usia kami terpaut jauuuh, sehingga aku sudah setengah tua, tapi dia masih muda. Tapi biarpun muda dia ini seorang duda lho nak. Duda beranak satu,” kata Suprih mengenalkan adiknya dan statusnya sementara Mirah sudah tahu.

“Ma’af, pak Pri.. “ kata Mirah pelan.

“Lho, kenapa harus minta ma’af, mbak Mirah tidak salah apa-apa kok.”

“Manggilnya mbok jangan pak gitu nak, mas gitu saja kan lebih enak.”

“Biasanya panggil pak Pri.”

“Mulai sekarang dirubah dong.”

“Mana ibu  yu?” tanya Nanda tiba-tiba.

“Eh, Nanda, mulai sekarang tidak boleh memanggil yu, panggil dia ibu.”

“Kan ada ibu yang satunya?”

“Ini juga ibu. Panggil bu Mirah.”

“Bu Mirah..”

Mirah tersipu.

“Tidak apa-apa ya mas Nanda.. “

“Jangan, nanti menjadi kebiasaan. Nak Mirah seumur ibunya Nanda almarhumah. Masa dipanggil yu?”

“Bu Mirah...” panggil Nanda sambil menatap Mirah tak berkedip.

“Ya, sayang..”

“Mana ibu?”

“Ibu sedang jalan-jalan sama mas Bintang dan bapaknya..”

Lalu Nanda berlari masuk kedalam, dan tak lama kemudian keluar lagi bersama Tanti yang membawa nampan dengan beberapa gelas teh hangat.

“Silahkan, mbak Mirah,” sapa Tanti.

“Iya dik.. terimakasih.”

“Lha kalian belum berkenalan. Ini anakku nak Mirah, namanya Tanti, ini mbak Mirah, sahabatnya ibu, nduk.”

“Iya, selamat datang digubug kami, mbak Mirah.”

“Aduh, rumah begini cantik dan asri. Ini istana dik Tanti.”

“Ahh.. mbak Mirah bisa saja.”

“Iya dik, rumah adalah istana, yang penting kita bisa menikmati dan tinggal  dengan nyaman,” kata Mirah dengan bijak.

Pri yang sedari tadi bengong hanya mendengarkan apa yang dikatakan Miran. Mirah memang tampak dewasa.. Walau umurnya kira-kira tak begitu jauh dari Tanti, tapi ia tampak lebih dewasa, baik dalam sikap maupun bicara. Tapi ia sangat takjub dengan kejadian yang dialaminya. Nanda yang menemukan sosok ibu dari seorang Palupi, mempertemukannya dengan Mirah sebagai pembantu Palupi, lalu kakak perempuannya ingin menjodohkannya dengan seseorang yang ternyata Mirah. Apakah Allah memang mengatur hidupnya sedemikian rupa untuk mempertemukannya dengan jodohnya? Tapi jodohnya? Apakah Mirah sudah pasti mau menikah dengan dirinya? Ini masih menjadi teka-teki baginya. Tampaknya Suprih belum mengatakan apa-apa  kepada Mirah tentang keinginannya menjodohkannya dengan dirinya.

“Pri, kok kamu diam saja, ajak bicara dong, nak Mirah..”

“Iya yu, aku kaget tadi.. ternyata pernah ketemu.”

“Saya juga kaget bu, tidak mengira kalau pak Pri ini adiknya bu Suprih.”

“Kok pak lagi sih nak, mas Pri.. gitu saja. Adikku ini kan masih muda.”

“Pak itu kan sebutan untuk menghormati bu..”

“Tapi kelihatan tidak akrab, gitu lho. Ya kan Pri.”

“Iya mbak, nggak apa-apa panggil saya mas Pri.”

“Baiklah, mas Pri..” kata Mirah sambil tersenyum.”

“Naa, begitu lebih enak.””Oh iya, mbak Tanti, selamat ya, atas kelulusannya. Baru tadi malam bu Suprih mengatakannya.

“Iya mbak, memang baru kemarin, terimakasih banyak.”

“mBak Tanti.. hapenya bungi tuuh..” teriak Nanda tiba-tiba.

Tanti berlari kebelakang, mengambil ponsel yang terletak dimeja dapur.

“Tanti..” suara dari seberang terdengar begitu ponsel diangkat.

“Mas Danang?”

“Iya, aduuh, apa kabar pendadaran kemarin? Lolos kan?”

“Alhamdulillah mas, atas do’a mas.”

“Horeee... aku ikut senang, Tanti. Kapan wisuda?”

“Bulan depan mas, in shaa Allah.”

“Jangan lupa, aku ikut menghadiri lho ya.”

“Iya, terimakasih banyak.”

“Tapi sebelumnya aku mau melamar kamu.”

“Aduh, jangan dulu mas..”

“Memangnya kenapa? “

“Mas harus memikirkan dulu masak-masak..”

“Sudah sangat masak Tanti, keburu busuk kalau kelamaan.”

“Memangnya mangga?” kata Tanti sambil tertawa.

“Tanti, jangan bercanda. Pokoknya aku mau bicara sama ibu dan kapan ibu siap datang kemari.”

“Tantiii.. itu pesanan kamu datang..” tiba-tiba bu Suprih berteriak dari depan.

“Sudah dulu ya mas, dirumah lagi ada tamu tuh..”

“Baiklah, nanti aku menelpon lagi.”

Tanti berlari kedepan. Priyambodo membawa nampan besar berisi nasi kuning.

“Kamu pesan ini Tanti?”

“Iya om, eh.. berapa tadi? Saya belum bayar..” kata Tanti.

“Sudah aku bayar.”

“Ya ampun om.. terimakasih ya.” Kata Tanti yang menerima tumpeng nasi kuning itu lalu diletakkannya dimeja.

“Ceritanya Tanti syukuran atas kelulusannya, nak Mirah.”

“Ooh.. alhamdulillah.. “

“Ayo silahkan semuanya, itu untuk tamu-tamu siang ini..” kata Tanti riang.

“Mari nak Mirah.. ayo Pri.. mana Nanda, sini nak.. mau makan nasi kuning?”

“Wah, nasi kuning itu rangkaiannya lengkap sekali ya bu..”

“Iya nak.. ada klengkam.. serundeng, perkedel, telurnya ada dua macam, telur pindang dan tulur rajang, ini ada sambel goreng ati juga.. ayo nak.. “

“Ini piring-piringnya.. silahkan om, mbak Mirah..” kata Tanti yang dengan bersemangat mengambilkan piring dan sendok.

“Aku mau makan sama telur..” teriak Nanda.”

“Sini, yu Mirah ambilkan..” kata Mirah.

“Bu Mirah.. kok yu lagi..”

“Iya bu, sini mas Nanda..”

Meriahnya pertemuan itu membuat hati Pri juga semringah. Rupanya ia cocog dengan pilihan kakak perempuannya. Ia tinggal menunggu, apakah Mirah juga suka?

***

“Ibu, Tanti sudah lulus.” Kata Danang sore itu pada ibunya.

“Tanti... oo.. dia?”

“Iya bu, tadi Danang sudah menelponnya.”

“Lalu... ibu harus bagaimana?”

“Lamar dong bu.. “

“Kamu benar-benar suka sama dia? “

“Danang sangat mencintai dia bu.”

“Ibu tuh nggak percaya, karena kan kamu itu sukanya main-main. Kalau belum-belum ibu melamar, lalu kamu nggak serius, bisa dimarahin orang dong ibu.”

“Danang tidak pernah merasakan yang seperti ini bu. Dia gadis yang luar biasa. Sangat sulit ditaklukkan. Tidak seperti gadis-gadis lain yang begitu Danang dekati langsung lengket. Dia tidak bu , susah sekali, itulah sebabnya Danang suka. Dia akan menjadi isteri yang baik buat Danang.”

“Apa kamu sudah bilang sama kangmasmu Handoko?”

“Belum bu, nanti mas Handoko malah ngeledek Danang. Ibu saja yang bilang.”

“Kamu kan ketemu tiap hari. Ibu harus ketemu kapan. Kalau cuma telephone kan nggak jelas, mosok bicara so’al lamaran kok telponan.”

“Ya sudah, besok Danang mau bicara sama mas Handoko di kantor.”

“Naa.. gitu, nanti kangmasmu bilang apa, baru ngomong sama ibu.”

“Tapi benar ya, ibu nggak menyesal punya menantu Tanti?”

“Semoga seperti yang ibu lihat, dia baik dan sangat santun. “

“Ibu.. semoga Danang tidak salah pilih.”

“Ibu akan bahagia kalau anak-anak ibu bahagia. Seperti berita tentang kangmasmu dan Palupi. Ibu sangat bahagia. Kangmasmu sudah bilang sama ibu bahwa Palupi sudah kembali, dan menjadi isteri yang baik. Ibu senang mendengarnya. Ibu pernah bertemu ketika belanja, dia mencium ibu dan meminta ma’af sambil berlinang air mata.”

“Iya bu, ketika Danang kerumah mas Handoko beberapa hari yang lalu, mbak Lupi sedang menggoreng pisang didapur. Tampaknya memang mbak Lupi sudah berubah.”

“Syukurlah. Ibu belum sempat kesana. Sekarang ini ibu agak malas kemana-mana. Paling-paling menemani simbok belanja lalu pulang, hanya supaya bisa melihat-lihat saja.”

“Ibu memang tidak usah sering kemana-mana, dokter kan juga berpesan kalau ibu harus banyak istirahat? Ibu juga tidak boleh sedih, tidak boleh banyak berfikir. Pokoknya harus senang. Nah, sekarang Danang sudah menemukan calon isteri, ibu harus senang dong.”

“Iya, ibu senang, bicaralah dulu sama kangmasmu, lalu kita bicara bersama.”

***

“Lho, apa ini Rah.. kok ada nasi kuning?”

“Itu bu.. tadi dirumahnya bu Suprih sedang syukuran, putrinya bu Suprih sudah lulus sarjana bu.”

“Oh, yang namanya Tanti itu yu?”

“Iya bu, atas do’a ibu, saya sudah lega, anak saya sudah selesai sekolah.”

“Ikut senang yu Suprih, aduh tapi jadi nih bulan depan yu Suprih mau keluar?”

“Bagaimana lagi bu, itu permintaan anak saya. Kalau saya nggak nurut nanti dia kecewa.”

“Ya yu, aku bisa mengerti. Tapi sekali-sekali juga harus main kesini ya yu, nanti kami semua pasti kangen. Kalau ada waktu, aku juga mau kerumah yu Suprih.”

“Terimakasih banyak bu, pasti saya tidak akan melupakan keluarga ini.”

“Enak nasi kuningnya, siapa yang masak yu?”

“Itu anak saya yang pesan bu, mana sempat masak sendiri..?”

“Oh.. kirain yu Suprih sama Mirah sempat masak.”

“Tidak bu, kami datang , tidak lama lalu pesanan Tanti juga datang. Jadi langsung makan. Itu saya sisihkan buat ibu sama bapak.”

“Maaas.. ada nasi kuning nih.. Oh nggak deh, saya ambilkan saja dipiring, nanti kami makan diteras.”

“Biar saya siapkan bu.” kata Mirah.

“Ya Rah, baiklah, kalau untuk Bintang nggak usah pakai sambel gorengnya , kelihatannya pedas, aku yang suka.”

“Iya bu, biar nanti mas Bintang sama saya. Ibu tunggu didepan, nanti saya bawakan kesana.”

“Oke, Rah..”

Handoko ikut menikmati nasi kuning dengan suka cita.

“Ikut bersyukur untuk yu Suprih, sekarang pasti sudah lega, anaknya sudah selesai. Oh iya, kok kita lupa menelpon Widi, bukankah Widi juga pendadaran? Apa jangan-jangan dia temannya anak yu Suprih ya.”

“Coba saja mas telpon Widi..”

“Aku jadi ingat belum sempat ketemu Ryan. “

“Ya temuin cepet mas, pasti om Tarman menunggu.”

“Harusnya tadi sekalian ya..”

“Hm, Bintang capek, seharian nggak pulang.”

“Kalau begitu sekarang saja, kamu mau ikut?”

“Nggak ah.. “

“Kalau mau ikut nggak usah sungkan..” kata Handoko sambil tersenyum nakal.

“Mas Handoko maunya apa sih.. nggak suka aku..”

“Aku kan cuma bercanda, serius amat..”

***

“Mas Ryan, aku mau bicara,” kata Handoko ketika sudah ketemu Ryan.

“Iya mas, aku berharap mas Handoko membawa kabar baik. Tentang hubungan saya sama Widi kan?”

“Benar, aku sudah bertemu om Tarman dan bicara  banyak.”

“Iya mas, bapak bilang apa?”

“Tampaknya ada ganjalan dihati om Tarman pada mas Ryan.”

“Apa ya mas, saya kan tidak kenal sebelumnya.”

“Tapi om Tarman kenal sama bapak mas Ryan, pak Kamto.”

“Oh ya? Gimana ceritanya?”

Lalu Handoko mengatakan apa yang dibicarakan dengan pak Tarman beberapa hari yang lalu. Dan Ryan sangat terkejut mendengarnya.

“Mas, sungguh saya tidak mengerti tentang perjodohan itu. Dan hubungan saya dengan Palupi hanya teman biasa. Memang dekat, tapi tidak ada hubungan cinta, apalagi sampai mau menikah sama  dia. Omongan tetangga itu hanya karena sering melihat saya bersama Palupi. Waktu itu saya masih miskin mas, belum bekerja, kemana-mana naik sepeda motor butut punya almarhum bapak saya. Mana mau Palupi sama saya?”

“Ya.. Palupi juga sudah mengatakannya.”

“Waktu bapak meninggal Palupi memang melayat. Tapi saya tidak tahu kalau bapaknya Widi ada diantara para pelayat. Sungguh saya tidak pernah mengenal sebelumnya. Mungkin karena bapak saya bersahabat dengan pak Tarman sa’at masih dikota ini dan saya masih kecil. Lalu bapak dipindahkan di Malang sampai ibu meninggal disana, dan saya kemudian kembali kemari karena harus kuliah disini. Ketika kembali kemari , tak lama kemudian bapak meninggal. Jadi saya tidak tahu tentang persahabatan itu.

“Berarti sebelum meninggal, bapak tidak sempat berpesan apa-apa?”

“Tidak, bapak stroke dan tidak bisa bicara seminggu sebelum  meninggal.”

“Ada kesalah pahaman disini, dan om Tarman sudah terbawa emosinya sejak mendengar dari tetangga bahwa mas Ryan sudah memiliki calon isteri. Lalu om Tarman mengira setelah mas Ryan putus baru mau mendekati Widi.”

“Sedih mendengar cerita mas Handoko,” kata Ryan pilu.

“Jangan sedih, kesalah pahaman ini harus diluruskan.”

“Apa yang harus saya lakukan?”

“Datanglah kerumah om Tarman dan ceritakan semuanya.”

“Benarkah nanti bapak mau menerima saya? Takut diusir mas.”

“Tidak, begitu datang mas Ryah harus bilang bahwa mau meminta ma’af dan ingin menjelaskan semuanya.”

“Baiklah mas, saya memang harus berani. Terimakasih banyak ya mas.”

***

“Nak Mirah..” kata Suprih malam harinya

“Ya bu..”

“Bagaimana menurut nak Mirah.. adikku Pri itu lho..”

“Lha bagaimana apanya bu?”

“Orangnya baik atau tidak?”

“Yaa.. baik sih bu. Memangnya kenapa..”

“Aduuh.. nak Mirah kok nggak ngerti-ngerti juga sama maksudku ya,” kata batin bu Suprih.

“Heran juga, mas Nanda kok ya mau saya suapin. Ingat kalau lagi bersama mas Bintang.”

“Sesungguhnya saya punya maksud yang baik nak Mirah.”

“Maksud apa ya bu?”

“Bagaimana kalau.. kalau.. Pri suka sama nak Mirah?”

Mirah terkejut. Sesa’at ia tak bisa berkata-kata. Ia sibuk mencerna arti kata ‘suka’ yang diucapkan Suprih.

“Nak Mirah.. bagaimana?” ulang Suprih.

“Eh.. apa bu?”

“Pri itu seorang duda, saya kasihan sama dia. Anaknya juga membutuhkan seorang ibu. Saya melihat nak Mirah itu wanita yang sangat baik dan penuh kasih sayang. Saya ingin nak Mirah menjadi ipar saya,” akhirnya Suprih bicara terus terang, dan semakin mengejutkan Mirah.

***

Besok lagi ya.

 

259 comments:

  1. Replies
    1. Ya Mas Danar koment no 1
      Td menjaga gawang ya ? 😁😀

      Delete
    2. Terima kasih mbak Tien ... atas terbitnya SP 36.

      Salam hangat kami dari Yogya.

      Delete
    3. Mas Rinto masih kampul2 di laut,gak ada signyal

      Delete
    4. Terima kasih Bunda Tien, semoga Bunda sehat selalu Aamiin 😍😍😍

      Delete
  2. Alhamdulillhah SP 36 sdh muncul...
    Mtnuwun mbk Tien
    Smg selalu sehat dan semangaaaaat....Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun mbak tien-ku..SP 36 hadir menghibur.
      Tampaknya sudah hampir pasti, jagong di tiga tempat...
      Salam sehat dari sragentina mbak Tien ...slmt beristirahat.

      Delete
    2. Iya. Gak mo kalah ama pak rinto n bu iyeng. Wkk wkk

      Delete
  3. Hallow mas2 mbak2 bapak2 ibu2 kakek2 nenek2 :
    Wignyo, Ops, Kakek Habi, Bambang Soebekti, Anton, Hadi, Pri , Sukarno, Giarto, Gilang, Ngatno, Hartono, Yowa, Tugiman, Dudut Bmbang Waspodo, Petir Milenium (wauuw), Djuniarto, Djodhi55, Rinto P. , Yustikno, Dekmarga, Wedeye, Teguh, Dm Tauchidm, Samiadi, Pudji, asi Garet, Joko Kismantoro, Alumni83 SMPN I Purwantoro, Kang Idih, RAHF Colection, Sofyandi, Sang Yang, Haryanto Pacitan, Pipit Ponorogo, Nurhadi Sragen, Arni Solo, Yeni Klaten, Gati Temanggung, Harto Purwokerto, Eki Tegal dan Nunuk Pekalongan, Budi , Widarno Wijaya, Rewwin, Edison, Hadisyah,
    Sastra, Wo Joyo, Tata Suryo, Mashudi, B. Indriyanto, Nanang, Yoyok, Faried, Andrew Young, Ngatimin, Arif, Eko K, Edi Mulyadi, Rahmat, Mbahekhalel, Aam M,
    Yustinhar. Peni, Datik Sudiyati, Noor Dwi Tjahyani, Caroline Irawati, Nenek Dirga, Ema, Winarni, Retno P.R., FX.Hartanti, Danar, Widia, Nova, Jumaani, Ummazzfatiq, Mastiurni, Yuyun, Jum, Sul, Umi, Marni, Bunda Nismah, Wia Tiya, Ting Hartinah, Wikardiyanti, Nur Aini, Nani, Ranti, Afifah, Bu In, Damayanti, Dewi, Wida, Rita, Sapti, Dinar, Fifi, Nanik. Herlina, Michele, Wiwid, Meyrha, Ariel, Yacinta, Dewiyana, Trina, Mahmudah, Lies, Rapiningsih, Liliek, Enchi, Iyeng Sri Setyawati , Yulie, Yanthi , Dini Ekanti, Ida, Putri, Bunda Rahma, Neny, Yetty Muslih, Ida, Fitri, Hartiwi DS, Komariah P., Ari Hendra, Tienbardiman, Idayati, Maria, Uti Nani, Noer Nur Hidayati, Weny Soedibyo, Novy Kamardhiani, Erlin, Widya, Puspita Teradita, Purwani Utomo, Giyarni, Yulib, Erna, Anastasia Suryaningsih, Salamah, Roos, Noordiana, Fati Ahmad, Nuril, Bunda Belajar Nulis, Tutiyani, Bulkishani, Lia, Imah P Abidin, Guru2 SMPN 45 Bandung, Yayuk, Sriati Siregar, Guru2 SMPN I Sawahlunto, Roos, Diana Evie, Rista Silalahi, Agustina, Kusumastuti, KG, Elvi Teguh, Yayuk, Surs, Rinjani, ibu2 Nogotirto, kel. Sastroharsoyo, Uti, Sis Hakim, Tita, Farida, Mumtaz Myummy, Gayatri, Sri Handay, Utami, Yanti Damay, Idazu, Imelda, Triniel, Anie, Tri, Padma Sari, Prim, Dwi Astuti, Febriani, Dyah Tateki, kel. SMP N I Gombong, Lina Tikni, Engkas Kurniasih,
    Hallow Pejaten, Sidoarjo, Garut, Bandung, Batang, Kuningan, Wonosobo, Blitar, Sragen, Situbondo, Pati, Pasuruan, Cilacap, Cirebon, Bengkulu, Bekasi, Tangerang, Tangsel,Medan, Padang, Mataram, Sawahlunto, Pangkalpinang, Jambi, Nias, Semarang, Magelang, Tegal, Madiun, Kediri, Malang, Jember, Banyuwangi, Banda Aceh, Surabaya, Bali, Sleman, Wonogiri, Solo, Jogya, Sleman, Sumedang, Gombong, Purworejo, Banten, Kudus, Ungaran, Purworejo, Jombang, Boyolali. Ngawi, Sidney Australia, Boyolali, Amerika, Makasar, Klaten, JAKARTA...hai..., Mojokerto, Sijunjung Sumatra Barat, Sukabumi,
    Salam hangat dari Solo Terimakasih atas perhatian dan support yang selalu menguatkan saya. Aamiin atas semua harap dan do'a.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah SANG PUTRI 36 sudah hadir.
      Matur nuwun sanget mbak Tien Kumalasari semoga mbak Tien tetap sehat, bahagia dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
      Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.
      Salam sehat dan salam hangat dari Karang Tengah Tangerang.

      Delete
    2. Ahaahaaa.... aku nomer buncit gpp lah sing penting biso ketemu mbak Tien 🤗😙😘
      Hallow juga mbak Tien... sembah nuwun sdh disapa... kyknya dah mau "The end" nih mbak.... Sang Putrinya
      Tak doakan mbak senantiasa sehat bugar dan bahagia sekeluarga... tetap SEMANGAT 💪💪
      Salam sayang dari Surabaya🤗😚😍😍

      Delete
    3. Alhamdulillah.......

      Yang ditunggu tunggu sudah hadir
      Matur nuwun sanget Ibu Tien,
      Semoga sehat selalu dan tetap semangat.
      Lanjutannya selalu ditunggu
      Salam seroja (sehat rohani jasmani) dari Cilacap.


      .

      Delete
    4. Kyknya hampir happy ending semuanya, Trimakasih Bu Tien.. Semoga Bu Tien serta penggemar sllu sehat serta dlm lindungan Alloh SWT Aamiin... Salam sehat bahagia dr Madiun yg sllu setia hadir.

      Delete
  4. Alhamdulillah sekali ngintip sdh nonggol SP 36.....suwun mb Tien...

    Salam hangat dr blora 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bpk/ibu/mas/mbak UNKNOWN
      Maaf....
      Tolong profilnya di update
      Spt yg sdh dijelaskan oleh kakek Habi dan ibu Nani
      Sehingga namanya jelas
      Terima kasih

      Delete
  5. Matur nuwun... Mbak tien... sehat selalu jasmani rohani ekonomi serta berimajinasi..

    ReplyDelete
  6. Bi Dewi.....yg senior ngalah, belakangan gak papa ya bu?

    ReplyDelete
  7. Alkhamdulilah aamiin natur suwun Bu Tien,semangat sehat selalu,dalem masih setia dengan karya2nya mesthi aku sering keteteran😀🙏suwun suwun suwun🙏🙏🙏💐

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah terimakasih Bunda Tien,,ceritany smkn seruu

    ReplyDelete
  9. Hallo jg mbak Tien..sehat selalu yaa..
    Trimakasih SP-36..semua ter..kaget2..
    Pri & mirah...handoko & ryan..blm nanti tanti&danang..
    Waah hebaat mbak Tien..👍👍
    Msh nunggu lanjutannya...semoga hepiii semuaaa...👏👏

    Saalam sehat dari bandung.

    ReplyDelete
  10. Sy yg paling buncit bacanya..baru sempat..udh ngantuk2 tp sayanh dilewatkan..😊😊

    ReplyDelete
  11. Sudah muncul SP 36, Mirah jadi kena tulahnya Palupi
    Terima kasih mbak Tien
    Sehat sehat selalu

    ReplyDelete
  12. Maturnuwun mbak Tien, wah kelihatannya sudah mau the end ya? Berarti happy ending semuanya. Bagaimana kalau diperpanjang lagi dengan konflik antara mantan salah satu pacar Danang yang merasa telah disakiti mengganggu hubungan Danang dengan Tanti. Atau konflik yang lain Widi misalnya, agar cerita akhirnya ada yang diluar perkiraan pembaca dan masih menggantung tidak semua mulus2 aja. Atau mungkin akan dilanjutkan ke cerbung berikutnya? Maaf mbak Tien ini cuma sekedar pendapat saya, suwun

    ReplyDelete
  13. Pagi Bunda.
    Makasih untuk SP nya.
    Sehat selalu dan tetap semangat, jangan lupa bahagia.
    Salam dari kami buat Bunda

    ReplyDelete
  14. cie.cie.... yu mirah.
    jdi slah tingkah.
    semngat bunda.
    slm sehat dri sukoharjo

    ReplyDelete
  15. Puji Tuhan ibu Tien tetap sehat, semangat dan produktip. Cerbung yg bagus sdh menghibur para penggemar.
    Ikut senang semua sdh mengawali kebahagiaan.
    Kayanya dlm waktu dekat ada 3 pasang pengantin. Mungkin malah berebut waktu siapa yg paling duluan krn ketiganya bersahabat baik.

    Siap nunggu eps candake. Mungkin cerita lamaran ke 3 nya..

    Matur nuwun Berkah Dalem...

    ReplyDelete
  16. Suwun Mba Tien, eps 36 sudah muncul trima kasih dan saya tunggu eps 37 makin asik

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah sudah tayang episode 36 Sang putri

    Terimakasih bu Tien Cerbung nya
    Semoga ibu Tien selalu sehat wal'afiat dan bahagia bersama keluarga tercinta aamiin
    Kutunggu kelanjutannya ya bu Tien
    Salam sehat dan hangat dari Salamah Purworejo untuk ibu Tien dan pembaca semuanya

    ReplyDelete
  18. Terima kasih bunda Tien 🙏🙏

    Senangnya bisa langsung baca dini hari.

    Salam taklim dari kota Malang, semoga bunda diparingi sehat wal'afiat...🙏🙏

    ReplyDelete
  19. Cihuuiiiii .. sweet tnin .. 💖💖💖🤩🤩🤩🥰🥰🥰🥰

    ReplyDelete
  20. Terimakasih Bu Tien SP 36 dah tayang. Salam seroja dari Magelang.

    ReplyDelete
  21. horeeee...mau ketemu jodohnya senua

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah sdh baca SP 36. Suwun mbak Tien
    Smg semua menemukan jodohnya dunia ahirat. Aamiin
    Salam sehatdan semangat sll dr Bekasi katur mbak Tien sklg dan semua PCTK

    ReplyDelete
  23. Terima kasih Bu Tien yg di tunggu” dah muncul langsung baca... eh yu mirah tercengang... salam buat ibu tien sehat selalu dan pembaca setia, penggemar dari Tasikmalaya Jabar

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah Mirah sudah ketemu Priyambodo, dan semoga mereka berjodoh. Begitupun Ryan, semoga Pak Tarman menyadari kesalahpahaman-nya selama ini, dan mau menerima Ryan sebagai Calon Mantu-nya.

    Danang oh Danang... Semoga betul-betul mencintai Tanti, dan Tanti mau menerima lamaran-nya.

    TERIMA KASIH Bunda Tien, sudah menghibur kami semua disini. Ditunggu episode selanjut-nya ya, Bundaaa...

    Semoga Bunda Tien senantiasa ALLAH SWT limpahkan kesehatan dan kebahagian lahir dan batin. ♥️������

    ReplyDelete
  25. Akhirnya ketemu juga Mirah dengan Pri dirumah Bu Suprih..dan Ryan juga akan bertemu dengan Pak Tarman untuk menjelaskan duduk perkaranya setelah ada penjelasan dari Handoko. Kita tunggu saja apakah Pak Tarman bisa menerima ??? Salam sehat buat Bu Tien dan keluarga.

    ReplyDelete
  26. Maturnuwun ibu Tien.....menunggu kelanjutan nya,salam hangat utk ibu dan klrg,jg utk penggemar semua

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah SP 36 sdh hadir
    Ayo Mirah terima aja tawaran bu Suprih,
    Jd kepo deh..wkwk
    Sepertinya happy ending.. Ryan sm Widi, Danang sm Tanti, Mirah sm Priambodo
    Terima kasih Mbak Tien, semoga sehat dan sukses selalu
    Salam hangat dari Bekasi

    ReplyDelete
  28. Alhamdulilah Mirah bertemu jodohnya.
    Ryan tinggal menghadap pak.Tarman. Menerangkan apa yg dia tau. Dia tdk ada andil salah dlm hal ini. Jd tarman yg harus minta maaf sdh bertindak berdasar dugaan2 yg salah.
    Matur nuwun mbak Tien.
    Bentar lagi ada 3 uleman.

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah.... Jadi bahagia semuanya
    Mtur nuwun Bun....
    Mugi2 tansah rahayu...

    ReplyDelete
  30. Wah acara lamar melamar nih.. Danang melamarTanti, Ryan melamar Widi dan Pri melamar Mirah... wah seru nih.
    Terima kasih Mbak Tien ep 36 sudah hadir dan menghibur kami semua.. smoga Mbak Tirn selalu sehat wal afiat. Salam seroja selalu dari Semarang.

    ReplyDelete
  31. Saya suka cerbung2ny Mbak Tien.. dengan cerita yg mengharu biru tapi semua berakhir happy ending. Terima kasih Mbak Tien.

    ReplyDelete
  32. Klu soal 3 lamaran dan nikah in syaa Allah pasti tp he he gmn itu nti nyebut hub persdran krn pernikahan Danang dg Tanti... Bu Ismoyo besanan dg bu Suprih; smtr Priambodo dg Mirah jd buleknya Widi dan Ryan dg Widi jd pripean Handoko ya..pdhal Palupi pernah ada rasa sm Ryan... Smg tdk ada pelakor ataupun pebinor ...yg ada hanya rasa bucin... Sekali lg smg 2020 ditutup dg crt terangnya 4 psg pasutri dan gelapnya virus corona segera sirna dan cerbung mb Tien senantiasa ditunggu... Td mlm tdk smp slsi sdh terlalu ngantuk bcnya.. trmksh mb Tien H-2 menuju 2021... Sll slm seroja utk kita semua... aamiin yra

    ReplyDelete
  33. Terima kasih mbak Tien..
    Semoga selalu sehat..
    Salam dr Bandung

    ReplyDelete
  34. semoga semua berjodoh ..mjd keloluarga yg samawa hidup bahagia dg keluarg masing2...
    Terima kasih bu Tien ..kami tunggu kabar selanjutnya

    ReplyDelete
  35. Tambah seruu nihh...mks bu Tien...di tunggu sambungannya🤗

    ReplyDelete
  36. Pagiii mba Tien sayang.. Mksihsp 36 nya dah hadir.. Sysenang bcnya smg bahagia semuanya.. Slmseroja dri sukabumi y mba tien🥰🥰

    ReplyDelete
  37. Selalu semangat pagi....td mlm ketiduran br sempat baca pagi ini...😊 greget gemes ya baca nya...mantab ibu tien lanjutttttt.. Trimaksh byk ibu tien..semoga ibu tien sllu sehat..amin...
    Salam hangat dari rista di lampung...

    ReplyDelete
  38. Semoga 3 pasang calon berjodoh, berujung pada kebahagiaan sebagai akhir cerita yg menarik ini. Mhn maaf Bu Tien, hanya menduga duga. In syaa Allah Bu Tien senantiasa dikaruniai kesehatan lahir dan batin. Aamiin... Salam sehat dari Pondok Gede...

    ReplyDelete
  39. Semoga Mirah suka sama Priyambodo....
    Salam sehat selalu mbak Tien

    ReplyDelete
  40. Eeeaaaaa...... Nasi kuningnya Bu Tieeennn bikin saaiiiaaa ngileerr... He he he.... Semakin dag digndug. Dwweeertt hatiku miraaaahhhh... I am commiinngggg....

    ReplyDelete
  41. Pagi pagi sarapan SP 36..terima kasih bu Tien..semoga Ryan dapat meluruskan kesalah pahaman dan bisa bersanding dg Widi, Danang segera melamar Tanti dan Mirah mau dilamar Pri

    ReplyDelete
  42. Biar agak seru..munculin dong tokoh antagonis.....misal eks pacar handoko yg berusaha merayu ..karena melihat kesuksesan handoko sekarang..trus nyulik bintang..apa nyekap palupi...makin seru dan panjang deh....btw..congrats ya mbak...sukses selalu....

    ReplyDelete
  43. Mtrswn MB Tien...semoga ceritanya makin gregetin...
    Salam sehat sllb Tien
    Yulie Sleman Sendowo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu/mbak Yulie
      Tolong profilnya diisi
      Shg namanya tdk UNKNOWN lg
      Matur nuwun

      Delete
    2. Yulie Sleman Sendowo, pak Wedeye benar ganti UNKNOWN dengan nama Anda isi juga foto Anda dengan edit profil, caranya:

      Ini caranya mengedit Profil Anda :

      1. Klik tulisan UNKNOWN di komentar Anda
      2. Akan tampil tulisan merah PROFIL TAK TERSEDIA
      3. Selanjutnya KLIK tulisan (biru) mengaktifkan akses ke profil Anda.
      4. Muncul Edit Profil. Silahkan diisi kolom IDENTITAS sesuai keadaan yang sebenarnya, alamat, nomor HP dsb
      5. Kemudian klik FOTO PROFIL jika Anda kepingin fotonya tampak di blogspot dari galeri Anda.
      6. Langkah terakhir setelah selesai mengisi formulir jangan lupa disimpan (tulisan merah) SIMPAN PROFIL paling bawah.
      7. Selamat mengedit Profil Anda

      Delete
  44. He..he..kaget ya Mirah. Makasih mba Tien. Salam sehat selalu

    ReplyDelete
  45. Alhamdulilah selalu bisa mengikuti SP yg ke 36. Semoga lancar terus dan semua sehat wal'afiat. Mtrnwn M Tien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon perhatiannya sesama blogger.....ayo dong buka diri, paling tdk ada nama dan foto di identitas komen Anda. Caranya sdh berkali-kali ditampilkan disini.
      Dan bagi saudaraku yang berminat masuk WAG PENGGEMAR CERBUNG TIEN KUMALASARI (PCTK) hub ibu Nani Nur'aini di Siba HP. 082116677789.
      Monggo ditunggu tukar info disana gayeng, ada chef masakan, ada yang gemar tanaman hias, ada juragan telor asin, lumpia Semarang, ada pekerja sosial, ada yang suka kirim lagu-2 lawas, pokoke happy, gak ada kegaduhan politik, ceramah agama, gak ada yang menggurui, adanya sharing pengalaman pribadi.
      Yukkkk bergabung disana, jika mbak Corona sdh pulang, kita JUMPA FAN yukkkk.

      Delete
    2. Lha yang ditunggu sampai pukul 00.30 gak muncul ya nyari yang UNKNOWN supaya ngedit profilnya, jadi jika Bu Tien menyapa tidak lagi Sleman, Pondok Gede, Blora, Yogja, tapi sebut namanya....kan enak dan lebih akrab ya.....
      Bagi yang mau gabung di WAG PCTK kita Wellcome. Hubungi saja admin WAG PCTK Nani Nur'aini Siba nomor HP. 082116677789 atau ke Kakek Habi 085101776038. Terimakasih.

      Delete
  46. Buat teman2 yg Profilnya masih Unknown,silahkan dilengkapi/diedit,Biar sesama Penggemar Cerbung Mbk Tien Kumalasari kita tau namanya dan bisa lebih akrab
    Ini caranya mengedit Profil Anda :

    1. Klik tulisan UNKWON di komentar Anda
    2. Akan tampil tulisan merah PROFIL TAK TERSEDIA
    3. Selanjutnya KLIK tulisan mengaktifkan akses ke profil Anda.
    4. Muncul Edit Profil. Silahkan diisi kolom IDENTITAS sesuai keadaan yang sebenarnya, alamat, nomor HP dsb
    5. Kemudian klik FOTO PROFIL jika Anda kepingin fotonya tampak di blogspot
    6. Langkah terakhir setelah selesai mengisi formulir jangan lupa disimpan (tulisan merah) SIMPAN PROFIL
    7. Selamat mengedit Profil Anda

    ReplyDelete
  47. Belum muncul ya ?
    Salam sehat buat eyang Tien

    ReplyDelete
  48. Ngintip belum muncul. Apakah hari ini off Jeng Tien?

    ReplyDelete
  49. Ikutan ngintip... Biasanya memang malam kok sabar kita tunggu sama2 ya

    ReplyDelete
  50. Replies

    1. Buat teman2 yg Profilnya masih Unknown,silahkan dilengkapi/diedit,Biar sesama Penggemar Cerbung Mbk Tien Kumalasari kita tau namanya dan bisa lebih akrab
      Ini caranya mengedit Profil Anda :

      1. Klik tulisan UNKWON di komentar Anda
      2. Akan tampil tulisan merah PROFIL TAK TERSEDIA
      3. Selanjutnya KLIK tulisan mengaktifkan akses ke profil Anda.
      4. Muncul Edit Profil. Silahkan diisi kolom IDENTITAS sesuai keadaan yang sebenarnya, alamat, nomor HP dsb
      5. Kemudian klik FOTO PROFIL jika Anda kepingin fotonya tampak di blogspot
      6. Langkah terakhir setelah selesai mengisi formulir jangan lupa disimpan (tulisan merah) SIMPAN PROFIL
      7. Selamat mengedit Profil Anda

      Delete
  51. Wah sudah mulai ngantuk belum datang juga telu pitu

    ReplyDelete
  52. Menunggu...sy setia menunggu#sambil nyanyi😊.
    Semoga sllu sehat ibu tien syang..salam dingin dingin empuk dari rista di lampung#efek hujannnnn sepanjang hr...

    ReplyDelete
  53. Menunggu...sy setia menunggu#sambil nyanyi😊.
    Semoga sllu sehat ibu tien syang..salam dingin dingin empuk dari rista di lampung#efek hujannnnn sepanjang hr...

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Sudah jam segini belum bisa merem ....
    Ngintip sang putri kok belum muncul ...
    Salam dinginnya kota malang malam ini

    ReplyDelete
  56. Sudah jam segini belum bisa merem ....
    Ngintip sang putri kok belum muncul ...
    Salam dinginnya kota malang malam ini

    ReplyDelete
  57. Bener libur ya... selamat libur ya bu... sehat selalu

    ReplyDelete
  58. Replies
    1. Iya..sprti nya blm tenang tidur sblm lihat mirah dan priambodo😄

      Delete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Di SP 37... kemungkinan akan ramai oleh acara lamar melamar. Semoga happy ending.. Salam sehat mbak Tien dan terima kasih

    ReplyDelete
  61. Naa, begitu lebih enak.””Oh iya, mbak Tanti, selamat ya, atas kelulusannya. Baru tadi malam bu Suprih mengatakannya.



    Naah, begitu lebih enak.”
    ”Oh iya, mbak Tanti, selamat ya, atas kelulusannya. Baru tadi malam bu Suprih mengatakannya."

    mBak Tanti.. hapenya bungi tuuh..” teriak Nanda tiba-tiba.
    # bunyi #

    Iya nak.. ada klengkam.. serundeng, perkedel, telurnya ada dua macam, telur pindang dan tulur rajang, ini ada sambel goreng ati juga.. ayo nak.. “
    # telur #

    Meriahnya pertemuan itu membuat hati Pri juga semringah. Rupanya ia cocog dengan pilihan kakak perempuannya. Ia tinggal menunggu, apakah Mirah juga suka?
    # cocok #

    Salam sehat mbak Tien .....mudah²an "dangan" dan dapat melanjutkan episode ini menjadi "akhir bahagia buat semuanya"
    Semangaaaat !




    ReplyDelete
  62. Tgl 31 dininhati, seri 37 boom muncul ... tak tunggu tekamu

    ReplyDelete
  63. Jam 24 belum muncul sang putri ....
    Nglilir jam 03.43 inceng" lha kok sang putri masih bobok terus ....
    Waaaahhhh aku curiga jangan" di episode 37 ini episode terakhir ....
    Terus besok bu Tien mo tahun baruan bersama keluarga ...
    Tapi tahun barunya dirumah aja ya bu ....
    Diluar ada corona ....
    Juga buat yang lain ingat pesan ibu yaaaa

    ReplyDelete
    Replies

    1. Buat teman2 yg Profilnya masih Unknown,silahkan dilengkapi/diedit,Biar sesama Penggemar Cerbung Mbk Tien Kumalasari kita tau namanya dan bisa lebih akrab
      Ini caranya mengedit Profil Anda :

      1. Klik tulisan UNKWON di komentar Anda
      2. Akan tampil tulisan merah PROFIL TAK TERSEDIA
      3. Selanjutnya KLIK tulisan mengaktifkan akses ke profil Anda.
      4. Muncul Edit Profil. Silahkan diisi kolom IDENTITAS sesuai keadaan yang sebenarnya, alamat, nomor HP dsb
      5. Kemudian klik FOTO PROFIL jika Anda kepingin fotonya tampak di blogspot
      6. Langkah terakhir setelah selesai mengisi formulir jangan lupa disimpan (tulisan merah) SIMPAN PROFIL
      7. Selamat mengedit Profil Anda

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  64. Jam 24 belum muncul sang putri ....
    Nglilir jam 03.43 inceng" lha kok sang putri masih bobok terus ....
    Waaaahhhh aku curiga jangan" di episode 37 ini episode terakhir ....
    Terus besok bu Tien mo tahun baruan bersama keluarga ...
    Tapi tahun barunya dirumah aja ya bu ....
    Diluar ada corona ....
    Juga buat yang lain ingat pesan ibu yaaaa

    ReplyDelete
  65. Dini hari terbangun intip sang putri kok belum ada. Tidur lagi... Habis tahajud kok belum hadir juga... Penisirin nich..

    Semoga mbak Tien sehat selalu. Ditunggu penggemarnya... Salam Seroja mbak Tien.

    Pati terasa dingin nih...

    ReplyDelete
  66. Hampir adzan subuh intip intip kow belum munvul SP 37. Semoga bu Tien sehat dan dapat menulis lanjutan cerita.. aamiin

    ReplyDelete
  67. Adzan Subuh sudah berkumandang, monggo siap² Sholat Subuh..
    Alhamdulillah pagi ini kita masih bisa bersyukur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karuniaNya.
    Aamin Aamiin Yaa Robbal Aalamiin

    ReplyDelete
  68. Doa kami selalu semoga Bunda Tien senantiasa diparingi sehat dan bahagia oleh ALLAH SWT.

    Ditunggu kelanjutan episode SP-nya ya, Bunda. ♥️������

    ReplyDelete
  69. Pasti Sang Putri baru liburan akhir tahun nih... sabar menunggu pokoknya.
    Semoga Bu Tien selalu diberikan kesehatan. Salam seroja dari Semarang.

    ReplyDelete
  70. Semoga Bu Tien sehat-sehat saja dan malam tahun baru nanti buat teman begadang di rumah aja tayang 2 seri sebagai bonus...ngarep nih Bu😉

    ReplyDelete
  71. Salam Sehat mbk. Tien.. Sy Bunda Titi dari Bdg.. Di tunggu episode berikut nya.Tks

    ReplyDelete
  72. Betul2 ngangeni yaa .... diintip-intip nggak jg muncul,salam seroja bunda tien.dari Banyuwangi

    ReplyDelete
  73. Di Kejora Pagi terakhir di tahun 2020 ini, kami ucapkan menyambut Tahun Baru 2021 khususnya kagem mbak Tien Kumalasari dan juga kepada semua sahabat di Blog ini. Semoga Kita semua tetap sehat, bahagia, sejahtera dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Mari Kita sambut Tahun Baru 2021 dengan penuh suka cita dan harapan semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu, kita bisa hidup normal kembali, kasihan anak cucu kita kalau perekonomian tidak lekas pulih. Semoga di masa depan bangsa kita lebih berjaya dan adil makmur, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.
    Aamiin Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.
    TETAP SEMANGAT KAWAN-KAWAN ! !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...

      Luar biasa penggemar karya bu Tien.. Setia menunggu hingga dini hari.

      Sehat selalu tuk eyang akung eyang ti dan penggemar karya bu Tien yang lainya.
      Wabil khusus tuk penulisnya ..

      Tetep semangat dan sehat selalu

      Delete
    2. Semangat juga buat mbak Putri....semoga mbak Putri sehat selalu

      Delete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. Jeng.. saya kesripahan keponakan saya di Bekasi semalam. Dia sangat dekat sama saya. Ketika sakit sambat terus sama saya. Saya tidak konsentrasi nulis. Nangis terus. Bahkan sampai sekarang. Sampaikan ma'af saya buat sahabat2 ya....

    Kabar duka dr mbak Tien sehingga semalam SP 37 tidak tayang 🙏

    Innalillahi wainnailaihi rsjiuun...semoga almh ponakan mbak Tien
    Mbak Sri Harti Kusumowati diterima iman islamnya, diampuni segala khilaf dan dosa2nya, ditempatkan di tempat terindah disisi Nya...aamiin yaa robbal alamiin 🤲🤲😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Innalillahi wainnailaihi raaji'uun, nderek bela sungkawa, mugi kapundutipun almarhumah SRI HARTI KUSUMOWATI, Husnul khatimah.
      Allohummaghfirlaha warhamha wa'afihi wa'fu'anha wa akriim nudzulaha wawasi' madkhalaha.
      Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran dan ikhlas melepas kepergiannya.
      Al Fatihah......

      Delete
    2. Menghaturkan Turut Berduka Cita bu Tien atas berpulangnya ke Rahmatullah keponakan tercinta ananda SRI HARTI KUSUMOWATI...... Semooga almarhumah diampuni Salah dan Khilafnya,diterima amal ibadah dan iman islamnya, dilapangkan kuburnya, diangkat sebagai Hamba Allah yg Husnul Khotimah Aamiin.... Al Fatihah👐

      Delete
    3. Innalillahi wa innaillaihi roji'un.
      Turut berbela sungkawa atas berpulangnya almh Ibu Sri Harti Kusumowati.
      Semoga beliau husnul khotimah.
      Diampuni segala dosa kesalahannya dan diterima amal ibadahnya serta arwahnya mendapat tempat terbaik disisiNya.
      Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi kesabaran dan ketabahan.
      Aamiin aamiin aamiin yaa robbal'alaamiin
      Al Fatehah .........

      Delete
    4. Innalillahi wa innailaihi rojiun, nderek bela sungkawa , mugi2 husnul khotimah Aamiin 🙏🙏🙏🙏

      Delete
    5. Innalillahi wa innaillahi rojiun..ikut berduka cita yg mendlm Bu Tien.. Semoga almarhumah husnul khotimah, klrga yg ditinggaljan diberi kesabaran keiklhasan krn yg berasal dari Alloh SWT akan kembali kepadaNYA juga... Bu Tien jaga kesehatan nggih, ttp semangat serta doa yg terbaik utk panjenengan..Aamiin Allohuma Aamiin..

      Delete
  76. Nderek belasungkawa mbak Tien, semoga almh Sri Harti Kusumowati diterima amal ibadahnya, diampuni khilaf salahnya, ditempatkan di tempat mulia di sisiNYA. Aamiin

    ReplyDelete
  77. Assalamu'alaikum wr wb,
    Innalillahi wainnailaihi roji'uun
    Turut berduka cita ats wafatnya keponakan Mbak Tien,semoga Almarhumah Sri Harti Kusumowati diterima amal ibadahnya, diampuni segala kekhilafannya dan mendapat tempat yg mulia disisi Allah Swt.
    Dan yg ditinggalkannya semoga diberikan kesabaran dan keikhlasan
    Aamiin YRA
    🤲🤲

    ReplyDelete
  78. Innalillahi wainaillaihi rojiun
    Nderek belasubgkawa bu Tien .. Semoga keponakannya diampuni semua dosanya dan di terima semua amal kebaikannya serta ditempatkn pd tempat yg baik di sisi Alllah SWT

    ReplyDelete
  79. Nderek memuji mugi mugi keponakan mbak Tien Kumalasari sedanipun husnul khatimah ...aamiin.

    ReplyDelete
  80. mbak Tien, semoga almh Sri Harti Kusumowati diterima amal ibadahnya, diampuni khilaf salahnya, ditempatkan di tempat mulia di sisiNYA. Dan keluarga yg ditinggalkan diberikan kekuatan, ketabahan dan keikhlasan. Aamiin

    ReplyDelete
  81. Turut berduka cita yg sedalam dalamnya, Mbak Tien

    ReplyDelete
  82. Innalilahi wa innailaihi rojiun..nderek belo Sungkowo Bu Tien

    ReplyDelete
  83. Innailaihi wa innailaihi roji'un, turut berdukacita atas wafatnya mbak Sri Harti Kusumawati, ponakan tercinta dari mbak Tien Kumalasari.
    Semoga Almarhumah husnul khatimah di hadapan Allah SWT, diterima semua amal ibadahnya, diampuni kekhilafannya dan keluarga yang ditinggalkan tetap tabah, sabar dan tawakal.
    Allahumafirlaha Warhamha Wa'affi'ha Wafu'anha.
    Aamiin Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

    ReplyDelete
  84. Innalillahi wainnailaihi rsjiuun...semoga almh ponakan mbak Tien
    Mbak Sri Harti Kusumowati diterima iman islamnya, diampuni segala khilaf dan dosa2nya, ditempatkan di tempat terindah disisi Nya...aamiin yaa robbal alamiin

    ReplyDelete
  85. Innalillahi Wainnalillahi rojiun Nderek belasungkawa atas sedanipun keponakan ibu Tien, mb Sri Harti Kusumowati
    Semoga diampuni dosa dan kesalahannya Dan diterima amal ibadah serta dalam keadaan husnul khotimah aamiin

    ReplyDelete
  86. Innalillahi Wainnalillahi rojiun ikut berduka atas wafat ponakan bu Tien.
    Semoga diampuni dosa dan kesalahannya Dan diterima amal ibadah serta dalam keadaan husnul khotimah aamiin

    ReplyDelete
  87. Innalillahi wa inna ilaihi rojiuunm Allahumma firlaha warhamha wa afiha wafuanha....

    ReplyDelete
  88. Ìnnalillahi wa innailahi rojiun ikut berduka cita atas meninggalnya keponakan ibu tien.semoga diampuni dosa dan kesalahannya serta diterima amal ibadahnya serta dalam keadaan husnul khotimah. Aamiin

    ReplyDelete
  89. Innalillahi wa innailahi rojiun.turut bedukacita atas meninggalnya keponakan ibu tien. Semoga diampuni dosa dan kesalahannya dan diterima amal ibadahnya serta dalam keadaan husnul khotimah. Aamiin.

    ReplyDelete
  90. Innalillahi Wa Inna Ilayhi Raji'un...
    Semoga Husnul Khatimah smg kelg besar mbak tien tabah dn ikhlas menerima cobaan ini ..Aamiin

    ReplyDelete
  91. Innalillahi Wa Inna Ilayhi Raji'un...
    Semoga Husnul Khatimah smg kel besar mbk tien sabar dan ikhlas menerima cobaan ini Aamiin YRA

    ReplyDelete
  92. Innalillahi wainnailaihi raji'un...semoga almh ponakan bu Tien
    Mbak Sri Harti Kusumowati diterima iman islamnya, diampuni segala khilaf dan dosa2nya, ditempatkan di tempat terindah disisi Nya...Bu Tien diberi kesbaran dan keihlasan.aamiin yaa robbal alamiin.

    ReplyDelete
  93. Innalillahi wa innailai rojiun...smoga husnul khotimah...sabar yaa bu Tien...😢😢😢

    ReplyDelete
  94. Innalillaahi wainna illaaihi rooji'uun
    Ndherek belosungkowo
    Ngapunten bu Tien.....tiwas tanya" kok blm nongol...krn ga scroll ke atas, jd g tahu kl bu Tien lg kesripahan.
    Tetap sehat n semangat terus y bu Tien sayang

    ReplyDelete
  95. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un Allahumma firlaha warhamha wa'afiha wafuanha....Aamiin YRA

    ReplyDelete
  96. Innalillahi wainnailaihi rojiun... Ikut berbela sungkawa atas wafatnya keponakan mbak tien kumalasari yg bernama Sri Harti Kusumowati, smg diampuni sgl salah dan dosanya serta duterima seluruh amal ibadahnya. Smg mendpt tempat terbaik di sisi Allah SWT Aamiin

    ReplyDelete
  97. Nderek Belasungkawa inggih bu Tien ...
    Mugi bu Tien tansah pinaringan kekiyatan ...
    Salam saking malang

    ReplyDelete
  98. Innalillahi wainaillaihi rojiun
    Nderek belasubgkawa bu Tien .. Semoga keponakannya diampuni semua dosanya dan di terima semua amal kebaikannya serta ditempatkn pd tempat yg baik di sisi Alllah SWT.
    Aamiin

    ReplyDelete
    Replies

    1. Innalilahi wa innailaihi rojiun..nderek belo Sungkowo Bu Tien

      Delete
  99. Innalillahi wainaillaihi rojiun
    Nderek belasubgkawa bu Tien .. Semoga keponakannya diampuni semua dosanya dan di terima semua amal kebaikannya serta ditempatkn pd tempat yg baik di sisi Alllah SWT.
    Aamiin

    ReplyDelete
  100. Turut berduka cita mba Tien, semoga almh dalam keadaan Husnul Khotimah

    ReplyDelete
  101. Turut berduka cita atas meninggalnya keponakan Mb Tien, ananda SRI HARTI KUSUMOWATI...Semoga arwah almarhumah mendptkan tempat yg mulia disisi Allah SWT, diterima amal ibadahnya & diampuni semua dosanya. Untuk keluarga yg ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan & keikhlasan.... Aamiin 🤲

    ReplyDelete
  102. Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un.
    Turut berdukacita atas meninggalnya almh.Mbak Sri Harti Kusumowati.. Semoga Allah ampuni segala dosa-dosanya dan Allah kumpulkan dengan orang-orang yang shalihah. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan kelapangan dada untuk menerima semua takdir yang Allah tetapkan.🙏

    ReplyDelete
  103. Sudah jam segini SP 37 kok bl hadir mdh2an M Tien sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaghfirullah........
      Bpk/ibu yang baik hati...
      Tolong baca dulu komen diatas ya bpk/ibu...
      Selain berita duka yang sdg menimpa Bu Tien sekeluarga, juga himbauan yang saya sampaikan untuk menampilkan nama di komen Anda, agar silahturahim kita semakin bermakna, Bu Tien juga akan lebih mudah mengetahui siapa-2 sahabat cerbung yang setia begadang menunggu dan membaca episode demi episode cerita bersambung yang ditulisnya, komen Anda penyemangat bagi beliau. Selamat malam salam SEROJA dari Bandung.

      Delete
  104. Innailaihi wa innailaihi roji'un, turut berdukacita atas wafatnya mbak Sri Harti Kusumawati, ponakan tercinta dari mbak Tien Kumalasari.
    Semoga Almarhumah husnul khatimah di hadapan Allah SWT, diterima semua amal ibadahnya, diampuni kekhilafannya dan keluarga yang ditinggalkan tetap tabah, sabar dan tawakal.
    Allahumafirlaha Warhamha Wa'affi'ha Wafu'anha.
    Aamiin Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

    ReplyDelete
  105. Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un.
    Turut berdukacita atas meninggalnya Mbak Sri Harti Kusumowati.. Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosanya, menerima amal baiknya dan dimuliakan Allah dialam kuburnya. Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberi Allah ketabahan untuk menerima semua takdir yang Allah ini.

    ReplyDelete
  106. Turut berduka cita atas meninggalnya keponakan bu tien..semoga husnul khatimah

    ReplyDelete
  107. Innalillahi wainnailaihi roji'un.
    Allahummagh firlaha war khamha wa'afihi wa'fuanha.
    Turut berdukacita bu Tien.

    ReplyDelete
  108. Innalillahi wa innalillahi rojiun.

    Turut berduka cita ya bu Tien.
    Semoga amal ibadah almarhuma ( ponakan) diterima Allah SWT.

    Diberi kesabaran tuk keluarga besarnya.

    ReplyDelete
  109. Iih, hampie sebulan gak sempat ngikuti...tahu2 sdh ke 36.... Harus ngejar nih..harus kayak minum obat. Pagi 1 episode, siang 1 dan malam 1 episode....

    ReplyDelete
  110. Innalillahi wa'inailaihi roji'un, nderek Belo Sungkowo sedanipun MB Sri Harti Kusumowati, keponakan Bu Tien, mugi sedanipun Husnul khotimah, kelg ingkang tinilar pun paringi sabar lan ichlas. Aamiin yra🤲🙏

    ReplyDelete
  111. Innalillahi wainnailaihi rojiun...
    Ikut bela sungkawa smg keponakan b.Tien husnul khotimah,diampuni semua dosa dan kluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran.Aamiin.

    ReplyDelete


  112. *Alloohummaghfirlaha warhamha wa 'aafini wa'fu 'anha

    _Ya Allooh, ampunilah beliau berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia, maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga)_

    *Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, ketabahan dan kesabaran.*Mohon didengarkan ya.. share ttg penyebaran covid terkini dari grup angkatan dokter undip, yg menyampaikan adalah *dr. Zaidul Akbar*, insyaAllah bermanfaat..👆👆👆

    *آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن*

    *Aamiin yaa robbal 'aalamiin*

    ReplyDelete
  113. Salam kenal b.Tien Kumalasari,ini warga baru dari Bojonegoro Jatim.Matur suwun

    ReplyDelete
  114. Innalillahi wainnailaihi roji'un
    Ikut berduka cita atas wafatnya keponakan ibu tien kumalasari (almh mbak sri harti kusumowati), semoga diampuni dosa2nya dan diterima amal ibadahnya, keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan
    .... aamiin yaa rabbal'alamiin

    ReplyDelete
  115. Innalillahi wainnailaihi roji'un ..ikut belasungkawa ,semoga kponakan bu tien husnul khotimah,diampuni semua dosa dan kelrga yng ditinggal diberi keiklasan dan ketabahan.aamiin

    ReplyDelete
  116. INNALILALLAHI WAINNAILAIHI ROJI'UN.
    IKUT BELASUNGKAWA MENINGGALNYA KEPONAKAN BUNDA TIEN KUMALASARI, SEMOGA KEPONAKAN BUNDA HUSNUL KHOTIMAH, DIAMPUNI SEGAKA DOSANYA DAN DITERIMA AMAL IBADAHNYA.KELUARGA YANG DITINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN DAN KEIKHLASAN.
    Aamiiiiiin ya Rabbal'alamin

    ReplyDelete
  117. Innalillahi wa inna illaihii roo'jiun... nderek memuji mugi mugi keponakan mbak Tien Kumalasari sedanipun husnul khatimah ...aamiin.

    ReplyDelete
  118. Innalilahi wainnailaihi rojiun dderek memuji mugi mugi keponakan Bu Tien Kumalasari sedanipun husnul khotimah ...aamiin.

    Reply

    ReplyDelete
  119. Ndherek belo sungkowo Bu Tien saya selaku pribadi dan group cawas smp n 1 gombong,semoga husnul khotimah dan keluarga diberi ketabahan dan keikhlasan,aamiin yra.

    ReplyDelete
  120. INNALILALLAHI WAINNAILAIHI ROJI'UN.
    TURUT BELASUNGKAWA MENINGGALNYA KEPONAKAN BU TIEN KUMALASARI. Semoga ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT.

    Semoga sehat selalu mbak Tien

    ReplyDelete
  121. Innalillahi wainnailaihi roji'un
    Ikut berduka cita atas wafatnya keponakan ibu Tien Kumalasari (almh mbak Sri Harti Kusumowati), semoga diampuni dosa2nya dan diterima amal ibadahnya, keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan
    .... aamiin yaa rabbal'alamiin

    ReplyDelete
  122. Kami sekeluarga turut berdukacita atas berpulangnya ponakan mba Tien, Sri Harti Kusumowati.
    Semoga dianugerahi rahmat keselamatan surgawi. Dansemoga keluarga yg ditinggalkan diberi kekuatan, ketabahan dan keiklasan.
    RIP mba Sri Harti Kusumowati.

    ReplyDelete
  123. INNALILALLAHI WAINNAILAIHI ROJI'UN.
    IKUT BELASUNGKAWA MENINGGALNYA KEPONAKAN BUNDA TIEN KUMALASARI, SEMOGA KEPONAKAN BUNDA HUSNUL KHOTIMAH, DIAMPUNI SEGAKA DOSANYA DAN DITERIMA AMAL IBADAHNYA.KELUARGA YANG DITINGGALKAN DIBERIKAN KETABAHAN DAN KEIKHLASAN.
    Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

    ReplyDelete
  124. Innalilahi wa innailaihi rojiun... Semoga keponakan mbak Tien diampuni dosanya dan diterima amal ibadah nya. Mendapatkan surgaNya... Keluarga yang ditinggalkan tetap sabar dan ikhlas...
    Salam sehat selalu untuk mbak Tien.
    Mahmudah Pati setia menanti karya njenengan

    ReplyDelete
  125. Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un atas berpulangnya Almarhumah Ibu Sri Harti Kusumowati kepangkuan SANG KHALIQ.

    Semoga Almarhumah Ibu Sri Harti Kusumowati, Husnul Khotimah, dan Keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan iman dan kesehatan yang prima, serta kesejahteraan yang tetap dijamin oleh ALLAH SWT.

    Kami juga mendoakan, semoga Bunda Tien tetap sehat dan diberi kekuatan jasmani dan rohani atas kehilangan ini. ♥️������

    ReplyDelete
  126. Nderek belasungkawa bunda Tien... 🙏🙏

    ReplyDelete
  127. Alloohummaghfirlaha warhamha wa 'aafini wa'fu 'anha

    Dan semoga keluarga yg ditinggalkan ikhlas dan tabah, aamiin

    ReplyDelete
  128. Alloohummaghfirlaha warhamha wa 'aafini wa'fu 'anha

    Dan semoga keluarga yg ditinggalkan ikhlas dan tabah, aamiin

    ReplyDelete
  129. Terimakasih atas semua perhatian dari rekan2 dan penguat semangat saya.
    Aamiin atas semua do'a.

    SANG PUTRI besok saja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggeh bunda tien tdk apa apa besok saja..bunda tien istirahat saja dl...😊😘😘
      Semoga besok tayang bs 2 episode ya bunda syang😘😘😊.
      Semoga sllu sehat bunda tien tercinta...salam hangat dari rista,di lampung...

      Delete
    2. Enggeh bunda tien tdk apa apa besok saja..bunda tien istirahat saja dl...😊😘😘
      Semoga besok tayang bs 2 episode ya bunda syang😘😘😊.
      Semoga sllu sehat bunda tien tercinta...salam hangat dari rista,di lampung...

      Delete
    3. Sami2 mbk...
      Gk papa cerbungnya besuk sj,kita maklum
      Mbak Tien istirahat dulu ,smg sehat dan kembali semangat,Aamiin

      Delete
    4. Inggih mbak Tien...kami siap menunggu dg setia 🤗😘

      Delete
  130. Innalillahi wa innaillaihi roji'un.
    Turut berbela sungkawa atas berpulangnya almh Ibu Sri Harti Kusumowati.
    Semoga beliau husnul khotimah.
    Diampuni segala dosa kesalahannya dan diterima amal ibadahnya serta arwahnya mendapat tempat terbaik disisiNya.
    Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi kesabaran dan ketabahan.
    Aamiin aamiin aamiin yaa robbal'alaamiin
    Al Fatehah .........

    ReplyDelete
  131. Turut berdukacita atas meninggalnya keponakan bunda tien..semoga almarhum tenang damai di surga dan keluarga di beri kekuatan...

    ReplyDelete
  132. Slmt th br 2021 semoga bw berkah nikmat slmt, sehat dan bahagia utk kt semua seluruh umat manusia dan jagadraya bimasakti. Pandemi segera musnah dg bergantinya th..aamiiiin

    ReplyDelete
  133. Innalillahi wa innailaihi roji'un
    Ikut berduka cita atas berpulangnya keponakan Ibu Tien, semoga Almh Mb Sri Harti Kusumowati diampuni dosanya, diterima semua amal ibadahnya dan keluarga yg ditinggalkan diberi kesabaran dan keikhlasan
    Aamiin Yaa Rabbal 'Alamiin

    ReplyDelete
  134. Turut berduka cita atas wafatnya keponakannya mbak tien, semoga almarhumah diampuni segala kesalahan nya, dilapangkan jalannya, ditempatkan disisi Tuhan. Dan bagi keluarga yg ditinggalkan, semoga diberi ketabahan. Amin.

    ReplyDelete
  135. Innalillahi wa innaillaihi roji'un.
    Turut berbela sungkawa atas berpulangnya almh Ibu Sri Harti Kusumowati.
    Semoga beliau husnul khotimah.
    Diampuni segala dosa kesalahannya dan diterima amal ibadahnya serta arwahnya mendapat tempat terbaik disisiNya.
    Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga diberi kesabaran dan ketabahan.
    Aamiin aamiin aamiin yaa robbal'alaamiin
    Al Fatehah .........

    ReplyDelete
  136. Inalilahiwa'inailahirojiun....nderek belosungkoeo mb Tien atas.meninggalnya keponakan smg husnul khotimah dan diampuni semua dosanya dan dtrm amsl ibadahnya, aamiin.

    ReplyDelete

M E L A T I 45

  M E L A T I    45 (Tien Kumalasari)   Melati merasa gelisah. Dia tahu, Nurin bersikap baik kepadanya, tapi ia mengkhawatirkan sikap ibunya...