Thursday, July 27, 2023

SEBUAH PESAN 54

 SEBUAH PESAN  54

(Tien Kumalasari)

 

 

Bu Rahman menatap nanar foto itu. Ia tak salah lihat kan? Itu jelas Damian, sedang memeluk seorang gadis. Tiba-tiba kemarahan bu Rahman memuncak. Ia bergegas ke belakang, mencari sang suami. Tapi dia tak mendapatkannya di ruang tengah.

“Paak, Paaak… kemana sih Bapak ini? Paaak …”

Bu Rahman masuk ke kamar, suaminya tak ada. Tapi dia mendengar suara dari kamar mandi. Ia segera mendekat dan mengetuk kamar mandi sekeras-kerasnya sambil memanggil-manggil nama suaminya.

“Paaak, Bapaaaak.”

“Ada apa sih Bu, ini, perutku sakit sekali. Nggak tahu tadi makan apa,” jawab pak Rahman dari dalam kamar mandi.

“Ada hal penting yang Bapak harus tahu, cepatlah keluar,” bu Rahman tak peduli walau sang suami bilang perutnya sakit.

Pak Rahman diam, membiarkannya.

“Adduuuh… Bapak nih. Cepatlah sedikit. Ini sangat penting Bapak ketahui.”

Bu Rahman tak berhenti menggedor pintu, dan pak Rahman terus membiarkannya. Oleh karena itu bu Rahman kemudian duduk di sofa di dalam kamar itu, sambil terus memegangi foto yang baru saja diterimanya.

Kira-kira sepuluh menit, barulah pak Rahman keluar. Wajahnya gelap, merasa kesal karena perutnya sakit dan sang istri membuat suara  gaduh dengan menggedor-gedor pintu.

“Pak, sini Pak, lihat ini.”

“Ibu itu sebenarnya kenapa, perutku itu sakit.”

“Maaf. Tapi duduklah sebentar.”

“Aku mau tiduran sebentar. Mulesnya belum hilang ini,” kata pak Rahman sambil terus melangkah ke ranjang dan berbaring di sana, membuat bu Rahman kesal. Tapi kemudian dia mengejarnya, sambil membawa foto itu.

“Ini karena sesuatu yang luar biasa. Bapak tak akan percaya. Lihat ini.”

Bu Rahman nekat mengulurkan foto itu ke depan wajah suaminya.

“Apa sih ini?” katanya sambil menepis tangan istrinya, membuat foto yang diulurkannya terlempar ke bawah.

“Bapak bagaimana sih, lihat dulu ini fotonya.” bu Rahman kembali menunjukkan foto yang baru diambilnya dari lantai.

“Ini foto apa?”

“Oh ya, lampu di kamar agak remang. Bu Rahman segera menghampiri tombol lampu besar, lalu kamar itu menyala terang.

“Ya ampun Bu, silau.”

“Lihatlah baik-baik fotonya,” bu Rahman kembali menunjukkan foto itu ke depan wajah suaminya.

Mau tak mau pak Rahman mengambilnya, lalu mengamatinya.

“Ini foto apa sih Bu.”

“Ya ampun, Bapak, itu fotonya Damian.”

“Damian ya? Sedang apa dia? Sepertinya ada di depan pintu, lalu … apa dia sedang memeluk seseorang?”

“Nah, itu. Dia sedang memeluk seorang gadis. Coba Bapak pikir. Istrinya disuruh bekerja, dia bersenang-senang dengan wanita lain di kampus. Ini di kampus bukan? Kelihatan ada ruang-ruang di sampingnya?”

“Damian sedang apa ini?”

“Sedang berpelukan teman teman kuliahnya, pastinya. Apa ini pantas? Ayo sekarang Bapak bilang, ini perbuatan pantas atau tidak?” kata bu Rahman yang merasa di atas angin, setelah beberapa kali tak pernah mendapat dukungan saat dirinya mencela menantunya.

Pak Rahman bangkit, lalu duduk, masih di atas ranjang, lalu mengamati foto itu lagi dengan seksama.

“Dari mana ibu mendapatkan foto ini?”

“Nggak tahu siapa yang mengirimkan, tapi foto itu tadinya dimasukkan dalam amplop coklat, tergeletak begitu saja di lantai teras.”

“Berarti ada yang mengirimkannya diam-diam. Coba tanya satpam, siapa yang datang kemari sore ini.”

“Kenapa harus tanya siapa yang datang atau siapa yang mengirim? Gambar ini saja Bapak perhatikan dan silakan Bapak menilai, seperti apa menantu Bapak yang sangat Bapak banggakan itu.”

“Bukan begitu Bu, aku berpikirnya kok beda. Kenapa seseorang mengirimkan foto ini. Aku lihat mereka tidak berangkulan kok. Damian memegangi pundak perempuan ini, dan lihat, ada buku berserakan di bawah.”

“Kenapa Bapak mengamati bukunya? Yang jelas orangnya. Atau … baiklah, Damian yang memegangi pundaknya, tapi mengapa? Ini pasti ada sesuatu diantara mereka. Dan Raya tidak mengetahuinya. Raya selalu membela suaminya. Selalu memuji-mujinya setinggi langit. Ibu ingin tahu, bagaimana nanti reaksi Raya setelah melihat ini. Heran aku, kok Bapak kelihatan tenang begitu? Sedang memikirkan alasan untuk meringankan dosa si tukang kebun ini?”

Pak Rahman seorang yang bijaksana, dan tak mudah terbakar oleh hasutan. Ia merasa, ada orang yang memang ingin menjatuhkan Damian. Ia membaca gambaran atas foto itu. Mungkin mereka bertabrakan di pintu sampai buku yang dipegangnya berserakan, jadi mereka bukan berpelukan. Ada yang sengaja berbuat jahat. Kalau tidak, mengapa mengirimkan foto itu kepada keluarga istri Damian? Untuk memisahkan Damian dan istrinya? 

“Aku mau menelpon Raya. Besok pagi dia harus datang kemari. Dia harus tahu tentang kebusukan suaminya,” kata bu Rahman berapi-api.

Pak Rahman diam. Kecuali memikirkan niat seseorang dengan mengirimkan foto ini, pak Rahman juga merasa perutnya masih melilit.

***

Raya menunggu suaminya dengan gelisah. Kepergiannya ke rumah Hanna, walau dengan alasan Hanna sakit, tetap menerbitkan perasaan curiga. Ia tahu siapa Hanna karena mengenalnya sejak masih SMA. Ia tak pernah berhenti mengejar sesuatu, sebelum yang diinginkannya terpegang oleh tangannya. Tapi ini adalah Damian, suaminya, yang dia tahu bahwa Hanna menyukainya. Apakah rasa suka itu masih tersisa, setelah peristiwa pesta ulang tahunnya, dan dia tahu bahwa Damian adalah suaminya?

Ketika mendengar sepeda motor memasuki halaman, barulah Raya merasa lega. Ia memperhitungkan, dari Damian bilang akan segera pulang, sampai kemudian tiba di rumahnya, adalah terlalu lama. Pasti Damian tidak segera pulang. Masih berbincang dengan yang bilang sakit? Apakah Hanna bermanja-manja terlebih dulu dan enggan melepaskan suaminya? Tak urung ada rasa panas menjalari batinnya. Cemburu? Iya lah, cemburu. Hanna itu cantik, terlalu genit dan jarang laki-laki menjauhinya ketika Hanna sudah mengatakan suka.

“Ray, kok aku tidak disambut seperti biasanya?”

Raya terkejut ketika tiba-tiba Damian sudah berada di depannya, sementara dia sibuk mereka-reka kira-kira apa saja yang dilakukan di rumah Hanna sebelum akhirnya pulang.

“Eh, Dam … “ Raya meraih tangan suaminya, dan menciumnya seperti biasa. Ia mengikuti sang suami ketika dia melangkah masuk sambil merangkulnya. Ada aroma wangi menyengat dari tubuhnya. Eh, bajunya, barangkali. Wangi yang tidak dikenalnya, karena di rumah ini tidak ada wewangian serupa.

“Ray, kok diam sih? Aku akan ceritakan semuanya setelah berganti baju dan mandi. Aku bau acem kan?”

“Tidak. Kamu bau wangi,” jawab Raya yang tiba-tiba menjadi sengit. Aroma itu seperti membakar tubuhnya sehingga tangannya berkeringat.

“Ahaaa, meledek aku kan? Biasanya kamu bilang kalau sepulang kuliah aku bau asem. Kok beda sih?”

“Memang beda. Malam ini kamu memang beda.”

“Pulang sangat terlambat? Baiklah, nanti aku akan cerita. Mana dong, teh hangat buatan istriku? Baiklah, aku mandi dulu saja,” kata Damian sambil menuju kamar, lalu keluar dengan membawa handuk yang sudah disiapkan istrinya.

Raya menuju dapur, bagaimanapun kesalnya, dia tetap melayani sang suami dengan segelas teh hangat yang sudah disiapkannya sejak sore, dan dimasukkannya ke dalam termos, agar panasnya masih awet. Ia menuangnya ke dalam gelas, lalu diletakkannya di ruang tamu, seperti biasa.

Ada keripik singkong di dalam toples yang dibelinya ketika pulang dari salon.

“Jam berapa kamu pulang dari salon?” tiba-tiba suara Damian mengejutkannya. Damian segera duduk di samping sang istri, lalu meraih gelas yang berisi teh hangat seperti biasanya.

“Apa nih? Keripik singkong, hm … kesukaanku. Istri cantikku ini selalu tahu apa yang menjadi kesukaan suaminya,” kata Damian sambil mengelus rambut sang istri, lalu menciumnya.

“Rambutmu selalu wangi.”

“Wanginya beda kan?”

“Raya, apa kamu marah?”

“Aku tidak marah. Aku sedang menunggu cerita kamu sehingga baju kamu berbau wangi. Hal itu terjadi ketika kamu duduk berdempetan, atau melakukan  lebih dari itu.”

“Aku menggendongnya, malah,” kata Damian menggoda sang istri.

“Apa?” Raya melotot, kemudian mendorong tubuh sang suami. Tapi Damian merengkuhnya. Raya meronta sambil memukul-mukul dada sang suami.

“Ray, aduh sakit dong, nanti kalau jantungku jatuh, aku mati dong,” teriak Damian pura-pura kesakitan. Mendengar kata ‘mati’, Raya menghentikan pukulannya.

“Kamu jahat. Kamu jahat!” teriak Raya.

“Ray, dengar dulu penjelasan aku. Kamu ingin ya, punya suami yang tidak berperi kemanusiaan?”

“Apa maksudmu?” Raya melotot memandang suaminya.

“Biar aku cerita, tapi kamu nggak boleh marah. Tadi itu, memang ada kelas agak sorean. Ketika aku pulang, kampus sudah sepi. Tapi-tiba aku mendengar Hanna memanggilku. Aku sudah berpura-pura tidak mendengar, dan hampir menstarter sepeda motor aku, tapi tiba-tiba Hanna terjatuh. Tak ada orang disekitar tempat itu, sehingga aku terpaksa mendekati. Ternyata dia lemas, dan badannya panas. Aku membawanya pulang naik taksi, meninggalkan sepeda motor di kampus."

"Di rumah dia, tak ada siapa-siapa," lanjutnya.

“Asyik dong,” Raya menyela.

“Hish! Dengar dulu, aku mencarikan obat di rumah itu dan ketemu obat penurun panas, aku berpesan sama dia, kalau masih panas juga, besok pagi harus ke dokter.”

“Tunggu dulu, acara gendong menggendong itu, kenapa tidak diceritakan?”

“Oh iya, karena dia lemas, aku terpaksa menggendongnya sampai ke taksi, dan menggendongnya pula sampai ke kamar dia.”

“Hm … begitu rupanya. Dan kamu berlama-lama di kamarnya, masa sih, nggak ada acara apa-apa di dalam kamar itu?”

“Ada-ada saja. Acara apa? Acara memberikan obat untuk dia, lalu aku pulang. Eh bukan, harus naik taksi lagi ke kampus, untuk mengambil sepeda motor aku. Kalau enggak, besok aku bekerja naik apa dong.”

Raya sebenarnya mengerti, tapi dasar Raya, ia masih saja menampakkan wajah cemberut. Ia tahu, kalau sudah begitu, Damian pasti akan mengganggunya dengan rayuan gombalnya.

“Senyum dong, kan aku sudah menceritakan semuanya.”

“Nggak mau, aku masih membayangkan saat kamu gendong dia, lalu kepalanya bersandar di dada kamu, lalu kamu pasti berdebar dong, tubuhnya begitu dekat sama kamu, lalu_”

Raya berhenti bicara karena Damian menutup bibirnya.

***

Paginya adalah hari Minggu. Raya dan Damian duduk bersantai di depan rumah, sambil menikmati nasi liwet yang dibeli Damian, saat Raya bersih-bersih rumah.

“Sudah lama aku tidak makan nasi liwet.”

“Enak kan?”

“Enak lah, aku lapar, tahu,” sergah Raya sambil membuang daun bekas nasi liwet kedalam keranjang sampah.

“Dam, aku mau ke rumah Hanna.”

“Apa? Kenapa?”

“Bagaimanapun Hanna adalah temanku. Aku ingin tahu, apakah dia baik-baik saja, setelah kamu meninggalkannya sendirian.”

“Bener, kamu ingin ke sana? Atau kamu curiga sama aku, dan mengira aku bohong tentang sakitnya dia?”

“Bukan, ih .. kamu kira aku begitu jahat ya. Aku benar-benar ingin tahu keadaannya. Lagi pula biar dia tahu, bahwa yang terjadi kemarin sore, kamu menceritakan semua sama aku. Lalu aku ingin agar dia sadar bahwa dia tak akan lagi mengharapkan perhatian lebih dari kamu.”

“Kenapa kamu mengira bahwa dia masih mengharapkan perhatian lebih dari aku?”

"Kami berteman lama, aku tahu bagaimana Hanna. Tak mungkin dia melepaskan kamu begitu saja. Pasti ada niat untuk menjatuhkan hati kamu.”

Damian mengangguk. Dia merasakannya, setelah Hanna memaksa makan bersama di kantin, dan bicara tidak karuan. Yang ini sangat tidak penting, dan Damian tak ingin menceritakannya pada sang istri.

“Mau kan, sebentar lagi kita ke sana. Aku harap dia baik-baik saja.”

“Baiklah, aku mandi dulu ya.”

“Mandilah, yang wangi ya,” Raya meledeknya sambil mengikuti masuk ke dalam rumah.

Tapi tiba-tiba ponsel Raya berdering. Dari ibunya.

“Ya, Bu. Raya baru mau mandi.”

“Ibu minta, kamu datang ke rumah ibu, tapi tidak dengan suami kamu.”

“Memangnya kenapa Bu? Ini hari minggu, saatnya Raya pergi berdua sama mas Damian.”

“Sebentar saja. Ada hal penting yang kamu harus tahu.”

“Hal penting apa ya Bu?”

“Pokoknya datang saja, jangan banyak bertanya.”

Raya agak kesal, tapi tak berani membantahnya.

“Baiklah, tapi Raya ada perlu sebentar, setelahnya Raya mau ketemu ibu.”

Raya menutup ponselnya. Ia mau ke rumah Hanna terlebih dulu, baru mau ke rumah orang tuanya.

***

Damian menghentikan sepeda motornya di halaman rumah Hanna. Saat itu pintu masih tertutup, tapi mereka melihat seorang laki-laki berdiri di depan teras sambil melongok-longok.

Damian dan Raya mendekat.

“Mencari Hanna ya mas?” tanya Damian.

“Iya, sudah memencet bel dari tadi, dan mendengar jawaban dari dalam, tapi lama sekali pintunya nggak dibuka. Padahal aku hanya mengambil sisa uang aku saja.”

“Sisa uang?” begitu kepo nya Damian bertanya.

“Aku sudah mengirimkan foto itu ke rumah yang alamatnya disebutkan, baru dibayar separo, aku mau minta sisanya. Istriku sedang sakit, aku butuh uang.”

“Oh, mas tukang foto, rupanya,” sela Raya.

“Bukan, foto laki-laki berpelukan itu. Aku yang membuatnya,  dan harus aku krimkan ke keluarga Rahman. Bayarannya kurang, aku harus buru-buru.”

Karena tidak mengerti apa maksudnya, keduanya terdiam, sama-sama menunggu Hanna membukakan pintu. Keluarga Rahman itu siapa? Tapi kan banyak nama Rahman di negeri ini.

Tiba-tiba laki-laki itu menatap Damian.

“Lhoh, kok mirip Mas ya, fotonya?”

Damian dan Raya semakin tak mengerti.

***

Besok lagi ya.

 

70 comments:

  1. Matur nuwun mbak Tien-ku Sebuah Pesan telah tayang

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wouww ternyata ada tukang foto yg dibayar sama Hanna... Matur suwun bu Tien..🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Alhamdulillah SEBUAH PESAN~54 sudah hadir, terimakasih, semoga bu Tien tetap sehat dan bahagia senantiasa bersama keluarga.. Aamiin yra..🤲

      Delete
  6. Alhamdulilkaah dah tayang makadih bunda

    ReplyDelete
  7. 🍒🍋🍒🍋🍒🍋🍒🍋
    Alhamdulillah eSPe 54
    sudah tayang...
    Matur nuwun Bu Tien.
    Semoga sehat selalu &
    smangats berkarya...
    🦋 Salam Aduhai 🦋
    🍒🍋🍒🍋🍒🍋🍒🍋

    ReplyDelete
  8. Mtrnwn mb Tien
    Pd SP ini mb Tien mematahkan fenomena bhw pilihan orang tua sll benar. Disini ternyata pilihan anak yg benar.
    Pinternya mb Tien membuat cerita yg berbeda, lain dr yg lain👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengin ngruwes Hanna, nek bu Rahman bena wong nyayangi anaknya dan karena dia nggak tahu saja siapa Damian, nanti bakalan malu setelah tahu siapa Damian sebenarnya, jika bu Rahman mau minta maaf itu lebih bagus, tapi jika tidak ya siap-2 saja digtremengi banyak pembaca....
      Terserah bu Tien, mau dibawa kemana ?
      Ya nggak luuurrrrr ??

      Delete
  9. Matur nuwun bunda Tien...🙏🙏
    Sehat selalu kagem bunda...

    ReplyDelete
  10. Terima kasih atas segala dukungan, penyemangat dan perhatian yang penuh cinta, buat bapak2, kakek2, opa:
    Kakek Habi, Nanang, Bambang Subekti, Djoko Riyanto, Hadi Sudjarwo, Wedeye, Prisc21, Latief, Arif, Djodhi, Suprawoto, HerryPur, Zimi Zainal, Andrew Young, Anton Sarjo, Yowa, Bams Diharja, Tugiman, Apip Mardin Novarianto, Bambang Waspada, Uchu Rideen, B Indiarto, Djuniarto, Cak Agus SW, Tutus, Wignyopress, Subagyo, Wirasaba, Munthoni, Rinta, Petir Milenium, Bisikan Kertapati, m

    Dan mbakyu, ibu, eyang, nenek, oma, diajeng:
    Nani Nuraini Siba, Iyeng Santosa, Mimiet, Nana Yang,g Sari Usman, KP Lover, Uti Yaniek, Lina Tikni, Padmasari, Neni Tegal, Susi Herawati, Komariyah, I'in Maimun, Isti Priyono, Yati Sribudiarti, Kun Yulia , Irawati, Hermina, Sul Sulastri, Sri Maryani, Wiwikwisnu, Sis Hakim, Dewiyana, Nanik Purwantini, Sri Sudarwati, Handayaningsih, Ting Hartinah, Umi Hafid, Farida Inkiriwang, Lestari Mardi, Indrastuti, Indi, Atiek, Nien, Endang Amirul, Naniek Hsd., Mbah Put Ika, Engkas Kurniasih, Indiyah Murwani, Werdi Kaboel, Endah, Sofi, Yustina Maria Nunuk Sulastri, Ermi S., Ninik Arsini,
    Tati Sri Rahayu, Sari Usman, Mundjiati Habib, Dewi Hr Basuki, Hestri, Reni, Butut, Nuning, Atiek, Ny. Mulyono SK, Sariyenti, Salamah, Adelina, bu Sukardi, mBah Put Ika, Yustinhar, Rery, kun Yulia, Paramita, Ika Larangan. Hestri, Ira, Jainah, Wiwik Nur Jannah, Laksmi Sutawan, Melly Mawardi,

    Salam hangat dan ADUHAI, dari Solo.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulilah...
    Tks banyak bunda Tien..
    Semoga sehat selalu..
    Salam ADUHAI dari Sukabumi 🥰🌹

    ReplyDelete
  12. sugeng ndalu bu Tien matur nuwun

    ReplyDelete
  13. Nekad banget Hanna . Terimakasih Bu Tien semoga sehat selalu

    ReplyDelete
  14. Ternyata usaha Hanna bocor, bu Rahman yang tersulut emosi dimentahkan pak Rahman.
    Tukang foto yang baik tapi tidak profesional, terimakasih infonya.
    Salam sukses mbak Tien yang ADUHAI, semoga selalu sehat, aamiin.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah SP 32 sudah hadir...
    Matur nuwun bunda Tien cantik...
    Salaam sehat selalu 🌹🌹🌹

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeng Adelina..... ngantuk ya ?
      Tidur lebih baik, masak espe eps_54 kok dibilang SP_32. Itu sudah tayang Jum'at 30 Juni 2023 pukul 18:07 WIB

      Delete
    2. Wkwkwk mau tidur nih
      Bgtu baca mlh jd nguekek sndri

      Kok mlencengnya jauh bngt seh
      EsPe 54 kok jd 32

      Hehehe

      Delete
  16. Terima kasih bunda Tien...sp 54 sudah tayang...
    Sehat selalu Bun...
    Bahagia bersama keluarga tercinta ❤️
    Aduhai....
    Berkah Dalem Gusti 🙏🛐😇

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah.
    Syukron nggih Mbak Tien .. 🌹🌹🌹🌹🌹

    ReplyDelete
  18. Maturnuwun sanget Bu Tien...
    🙏🙏

    ReplyDelete
  19. Orang yg menabur kejahatan pasti akhirnya akan memetik hasil buah kejahatan yang ditaburnya. Terima kasih bu tien cerbungnya

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah
    Matur sembah nuwun mbak Tien
    Sehat selalu.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah,, matur nuwun
    Salam sehat wal'afiat selalu bu Tien 🤗🥰

    Aduhaiii, Serasa kita di bawa keliling oleh bu Tien melihat keluarga Rahman
    Mantab 😊

    ReplyDelete
  22. Sungguh Hana tdk menghargai dirinya sendiri, pada hal kakaknya kan sdh beri nasihat.
    Trima kasih Ibu Tien untuk episode yg ke 54.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah SP-54 sdh hadir
    Terima kasih Bunda Tien, semoga sehat dan bahagia selalu
    Aamiin

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah gasik ... maturnuwun bu Tien

    ReplyDelete
  25. Matur nuwun bu Tien...
    Salam sehat dan bahagia.

    ReplyDelete
  26. Raya blum smpt masuk rmh
    Eeh trnyt Allah udah menunjukkan siapa yg kirim photo ke rmh klrg Rahman
    Kira2 bgtu deh

    Tp rupanya Raya juga blum nyambung krn blum tahu apa yg mau di info kan ibunya

    Hadeeh bu Rahman sbnrnya udah di blg suaminya tuh bnr
    Jgn curiga dulu, krn pak Rahman perhitungan pake logika gak nurutin emosi spt bu Rahman

    Penasaran bgmn kelanjutannya
    Tunggu besok lagi yah

    Mksh bunda Tien sehat selalu doaku
    ADUHAI

    ReplyDelete
  27. Mentah lagi, aduh mak mak itu tadi sudah terjawab waktu ada orang suruhan Hanna nganter foto ditaruh diteras, malah ngaku yang difoto itu barengan nunggu pintu rumah Hanna dibuka.
    Nah kan tuan rumah bingung; yang satu mau dhuwit ongkos kurir yang satunya sepasang pasutri ingin jenguk, yang mendengar
    katanya sakit.
    Kasihan pak Rahman punya istri aktifis.. susah; kaya demo minta segera dapat kepastian nggak peduli, lagi apa, lagi mengapa, dicampur aksi emosi, anggêr mbergudul hawané kêpinginné udur mumpung semangat. Tung tung pess; begitu dijelasin, kempes semangatnya.
    ADUHAI

    Terimakasih Bu Tien
    Sebuah pesan yang ke lima puluh empat sudah tayang
    Sehat sehat selalu doaku
    Sedjahtera dan bahagia bersama keluarga tercinta
    🙏

    ReplyDelete
  28. Matur nuwun Bu Tien...salam aduhai dari Yk Bu...

    ReplyDelete
  29. Semakin penasaran aja, bagaimana sikap bu Rahman kalo tahu yg sesungguhnya ? Matur nuwun Bunda

    ReplyDelete
  30. Selamat MLM bunda..terima ksih Sp nya dah tayang..y Allah itu Hanna jahat banget..SMG CPT berakhir ah drama jahatnya si Hanna..dan ibu nya raya jg SMG CPT sadar..salam Seroja unk bunda 🙏😘🌹

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillahi rabbil'alamiin
    Terima kasih bu tien
    Semoga bu tien sehat2 selalu

    ReplyDelete
  32. Matur suwun ibu Tien
    Salam tahes ulales

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah. Matur sembah nuwun Bu Tien
    Salam sehat selalu.

    ReplyDelete
  34. Hamdallah SP ke 54 sdh tayang matur nuwun nggih Bu Tien semoga Ibu beserta Keluarga tetap Sehat wal Afiat dan bahagia selalu Aamiin

    Badai pasti berlalu, kata judul lagu. 😁😁

    Berbagai ujian dan cobaan, pasti Raya dan Damian bisa melaluinya, krn Bu Tien sdh tahu kemampuan mereka dan Bu Tien sdh mengukurnya,
    Iya dong..😁😁

    Berbahagialah Damian dan Raya, mereka saling mencintai. Cinta mereka seputih Melati dan harum semerbak mewangi.

    Inyonge kok dadi senewen ta iki
    . 😁😁

    Salam hangat dan Aduhai dari Jakarta

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah...
    Maturnuwun, salam sehat selalu...

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah... terimakasih Bunda

    ReplyDelete
  37. Semakin penasaran.. menarik sekali Bu Tien mengombang ngambing perasaan penonton😊🙏

    ReplyDelete
  38. Makasih bu Tien..SP 54 sudah hadir..ceritanya makin seru..tetap semangat !

    ReplyDelete
  39. Terimakasih bunda Tien, salam semangat, sehat dan aduhai selalu...

    ReplyDelete
  40. Terima kasih, ibu Tien sayang...salam sehat selalu.🙏😘😘😀

    ReplyDelete
  41. Akal bulus Hanna tersibak juga...
    Terimakasih Mbak Tien...

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah sudah kunikmati SP 54, terimakasih Mbak Tien. Salam sehat selalu

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah, sehat selalu mbakyu...

    ReplyDelete
  44. Makasih mba Tien.
    Semakin penasaran.

    ReplyDelete

M E L A T I 45

  M E L A T I    45 (Tien Kumalasari)   Melati merasa gelisah. Dia tahu, Nurin bersikap baik kepadanya, tapi ia mengkhawatirkan sikap ibunya...